Silaturahmi Bareng COC Makassar, Astra Motor Sulsel Ajak Komunitas Jaga Keselamatan Berkendara

Terkini.id, Makassar – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Ambon menggelar silaturahmi dengan komunitas pengguna motor sport CBR, COC Makassar, Sabtu 19 Juni 2021, bertempat di Kopi Memory, Jalan Somba Opu, Kota Makassar.

Dalam silaturahmi tersebut, pihak Asmo Sulsel turut melakukan sosialisasi tentang keselamatan dalam berkendara dengan tema “Kemampuan Perginya, selalu #cari_aman.

Selain itu, Asmo Sulsel juga mensosialisasikan kepada komunitas COC Makassar terkait motor sport CBR keluaran terbaru, All New CBR150R yang baru saja diluncurkan pada awal tahun 2021 ini.

Baca Juga: Harpelnas 2021, Manajemen Asmo Sulsel Terjun Langsung Bagikan Sembako

Dalam sosialisasi tersebut, Safety Riding Instruktur Asmo Sulsel Abdul Kadir menyampaikan pentingnya faktor keselamatan dalam berkendara.

Ia pun menjelaskan sejumlah tips agar pengguna kendaraan dapat berkendara tanpa risiko kecelakaan.

Baca Juga: Astra Motor Serahkan CBR600RR ke Konsumen Pertama di Indonesia

“Salah satu cara mengutamakan keselamatan dalam berkendara adalah mengerti dengan rambu lalu lintas dan marka jalan. Adapun jika motor dimodifikasi, hendaknya tetap mengikuti aturan standar keselamatan,” ujar Kadir.

Kadir juga menyampaikan alasan mengapa Honda lebih mengutamakan keselamatan pengguna kendaraan mereka.

“Jargon Honda yakni Cari Aman, karena kami menginginkan pengguna kendaraan Honda apabila keluar dari rumah bisa aman di jalan sampai kembali pulang ke rumah,” tuturnya.

Baca Juga: Astra Motor Serahkan CBR600RR ke Konsumen Pertama di Indonesia

Pada kesempatan itu, pihak Astra Motor Sulsel juga memperkenalkan keunggulan dari tipe motor sport keluaran terbaru mereka, All New CBR150R.

Technical Training Asmo Sulsel, Supriadi mengungkapkan sejumlah keunggulan dan spesifikasi All New CBR150R.

“All New CBR150R memiliki dimesi panjang 1.983 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.080 mm. Sedikit lebih lebar dan tinggi ketimbang model sebelumnya yakni lebar 694 mm dan tinggi 1.077 mm,” ungkap Supriadi.

“Meski badannya lebih tinggi sedikit tapi posisi tempat duduknya lebih rendah. Tinggi jok All New CBR150R yaitu 782 mm atau lebih rendah 5 mm dari sebelumnya 787 mm,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, seluruh sistem penerangan All New CBR150R menggunakan LED. 

“Lampu LED tidak hanya hemat energi dan tahan lama, tetapi juga menjadi simbol kelas premium CBR150R dan hadir sebagai ‘CBR generasi baru’ dengan merefleksikan lampu CBR250RR dalam cover yang dirancang khusus,” ujarnya.

“Kemudian ubahan paling signifikan, yaitu kaki-kaki All New CBR150R sudah mengandalkan inverted front suspension atau suspensi depan upside down,” sambungnya.

Menurutnya, All New CBR150R sudah dibekali fitur Assist/ Slipper Clutch.

“Fitur Assist adalah guna mengurangi beban pengoperasian clutch lever sekitar 15 persen dibandingkan dengan clutch konvensional. Sementara fitur Slipper Clutch, mengurangi guncangan yang disebabkan oleh pengereman engine yang mendadak saat penurunan gigi,” jelasnya.

Adapun di bagian permesinan, kata Supriadi, All New CBR150R mesinnya tetap sama 150 cc DOHC berpendingin cairan, mampu menghasilkan 17,1 PS pada 9.000 rpm, dan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm.

“Akselerasi dari 0-200 meter butuh waktu 10,6 detik, dan kecepatan maksimal mencapai 127 km/jam. Tenaga disalurkan pakai transmisi 6-percepatan,” ujarnya.

Bagikan