Masuk

Simak! Atasi Lapar Tengah Malam dengan Ngemil Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id – Lapar tengah malam sering kali dialami oleh sebagian orang. Tidak sedikit, lapar tengah malam ini diatasi dengan makan cemilan. Namun, sayangnya hal tersebut punya dampak buruk bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, menyatakan bahwa makan larut malam dapat membawa efek yang buruk pada kesehatan.

Berikut adalah alasan lain mengapa makan camilan di malam hari bukanlah pilihan yang baik dilansir dari Tempo, Minggu, 7 Oktober 2021: 

1. Penambahan berat badan
Menambah atau menurunkan berat badan tidak hanya tergantung pada asupan kalori dan pilihan makanan tetapi juga waktu makan Anda. Kalori yang dikonsumsi di malam hari akan lebih mungkin disimpan sebagai lemak di tubuh Anda sehingga menyebabkan peningkatan berat badan.

2. Asam lambung
Makan sebelum tidur dapat meningkatkan risiko sakit jantung serta asam lambung naik di malam hari. Ketika perut Anda berjuang untuk mencerna makanan saat Anda berbaring di tempat tidur, tekanan metabolisme makanan dapat mengakibatkan melonggarnya Lower Esophageal Sphincter (LES), yang memungkinkan makanan yang tidak tercerna. 

Karena itu, asam lambung pun melakukan perjalanan kembali ke kerongkongan. Jika Anda menderita asam lambung, sebaiknya membuat jarak setidaknya dua jam antara makan dan tidur untuk mencegah refluks malam hari.

3. Memori jangka pendek dan konsentrasi mudah terganggu
Makan larut malam, baik camilan maupun makanan berat berbahaya bagi kesehatan otak Anda. Waktu makan memiliki efek luas pada fisiologi dan perilaku otak. Pola makan yang tidak teratur mempengaruhi sistem sirkadian, yang bisa mempengaruhi kemampuan otak untuk belajar, konsentrasi dan menghafal.

4. Mengganggu waktu tidur
Waktu tidur Anda akan terganggu apabila perut Anda keroncongan dan meminta untuk diisi di malam hari. Tubuh Anda akan merasa lelah karena jam tidur yang lebih sedikit.

Mengutip dari Dailyhealthybody, tata-rata jam tidur seseorang harus 8 jam tidur tanpa gangguan yang menandakan bahwa orang tersebut sehat. Kurang tidur dapat menghambat gaya hidup sehat Anda.