Simak, Ini Cara Melakukan Presentasi dengan Baik!

Terkini.id, – Terdapat masa-masa dimana kita harus melakukan public speaking dan seringkali kita pasti bingung dan takut akan melakukan kesalahan di saat harus melakukan hal tersebut. 

Untuk melakukan presentasi dengan baik dibutuhkan persiapan agar presentasi yang dilakukan berjalan dengan mulus dan hasilnya baik.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa melakukan presentasi dengan baik

1. Pahami Materi yang Ada

Memahami materi (pexels.com)

Di hari-hari sebelum jadwal presentasi, kita harus memastikan bahwa kita sudah memahami materi yang akan kita presentasikan. Hal ini sangat penting untuk presentasi, karena jika kita tidak memahami materi yang akan dipresentasikan, maka saat presentasi kita pasti akan bingung ketika ditanya oleh penonton. Bukan hanya kita yang bingung, tetapi penontonnya juga. Sebaliknya, jika kita sudah memahami semua materi yang harus dipresentasikan, kita pasti bisa mengerti dan lancar mempresentasikan materi tersebut.

2. Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri (pexels.com)

Rasa percaya diri itu merupakan hal yang penting dalam presentasi, karena kita akan terlihat lebih yakin akan materi kita sehingga penonton akan percaya terhadap informasi yang kita berikan. Sebaliknya jika kita gugup, penonton pasti akan merasa tidak nyaman dan memiliki rasa tidak yakin akan informasi kita.

Jika kita sudah memahami materi dengan baik, tidak ada yang harus kita takuti. Namun jika tetap gugup, terdapat cara untuk menanganinya. Yang pertama adalah lakukan teknik relaksasi, seperti tarik nafas dalam, tahan, kemudian dikeluarkan.

Cara yang kedua adalah untuk hidrasi ataupun minum air. Dan tentu saja cara yang ketiga adalah untuk meyakinkan diri bahwa kita pasti bisa karena sudah memahami materi dengan baik.

3. Jangan Mengulang-Ulang
Di saat sedang presentasi, kita harus memedulikan pemahaman penonton akan materi kita. Oleh karena itu, kita harus membawakan materi dengan jelas dan tidak mengulang-ulang hal yang sama terus.

Jika kita terus mengulang hal yang sama, maka materi yang kita bawakan akan membingungkan para penonton. Jadi, jika sedang presentasi kita harus berusaha untuk tidak mengulang dan langsung ke intinya saja sehingga penonton bisa memahami materi yang kita bawakan.

4. Body Language

Body language (pexels.com)

Body language juga tidak kalah penting dalam presentasi, body language merupakan suatu hal yang akan memberi kesan kepada penonton tentang kita. Misalnya jika kita bergerak terlalu banyak saat presentasi, penonton pasti akan berpikir bahwa kita sedang gugup. Namun ketika kita bergerak secukupnya dan sesuai dengan pembawaan materi, maka penonton akan berpikir bahwa kita itu percaya diri dan sangat baik dalam menjelaskan.

5. Kontak Mata dengan Penonton

Kontak mata saat presentasi (pexels.com)

Yang terakhir tentu saja kontak mata. Ketika sedang presentasi, kita harus bisa melakukan kontak mata dengan penonton. Dengan melakukan kontak mata bersama penonton, mereka akan merasa lebih tertarik untuk mendengarkan presentasi kita. Selain itu, kontak mata juga kita lakukan untuk menghargai penonton supaya merasakan bahwa kita sedang berbicara dengan diri mereka.

Itulah cara-cara melakukan presentasi dengan baik. Kesimpulannya adalah jika kita ingin presentasi, maka kita harus memahami materi yang akan kita bawakan, merasa percaya diri, jangan mengulang-ulang kata-kata yang sama, memiliki body language yang sopan dan baik, dan melakukan kontak mata dengan penonton selama presentasi. Ternyata presentasi itu tidak segampang yang dilihat ya!

 

Artikel dari berbagai sumber

Penulis : Calista Natasha Martahadi

 

 

Bagikan