Simak, Ini Cara Mudah dan Simple Cek Kesehatan Jantung dan Paru Tanpa Harus Periksa ke Rumah Sakit

Cara Mudah dan Simple Cek Kesehatan Jantung dan Paru
Cara Mudah dan Simple Cek Kesehatan Jantung dan Paru

Terkini.id, – Jantung dan Paru merupakan organ vital yang bekerja di dalam tubuh. Tubuh yang sehat dan bugar mewakili jantung dan paru bekerja dengan baik dan fungsinya terjaga.

Untuk memastikan kedua organ tersebut dalam keadaan bugar dan sehat, ada loh cara mudah yang kita dapat lakukan tanpa harus memeriksakan diri ke rumah sakit.

Kebugaran jantung dan paru dapat ditingkatkan dan dilatih dengan beraktifitas fisik dan olahraga.

Melatih kebugaran, kekuatan dan ketahanan jantung dan paru akan meningkatkan aktifitas tubuh sehingga tidak mudah lelah.

Cara Mengukur Kebugaran Jantung

Menarik untuk Anda:

Kebanyakan orang memilih mengukur kebugaran jantung dan paru dengan memeriksakannya ke rumah sakit. Dengan melakukan rangkaian tes di rumah sakit seperti tes Pulmonary Function Test (PFT) untuk pari-paru dan tes Ekokardiografi (EKG) untuk jantung.

Sayangnya, prosedur pemeriksaan di rumah sakit cukup rumit dan membutuhkan waktu dan memakan biaya yang tinggi.

Ada cara yang lebih mudah dapat kita lakukan untuk mengukur tingkat kebugaran jantung dan paru tanpa harus repot-repot ke rumah sakit untuk mengikuti serangkaian tes.

Anda cukup melakukan cara sederhana yaitu dengan olahraga Aerobik.

Olahraga Aerobik adalah olahraga yang dilakukan dengan gerakan teratur dalam durasi tertentu dan dilakukan berulang-ulang. Seperti berenang, bersepeda, jogging dan senam aerobik

Oleh karena dilakukan berulang-ulang dan terus menerus maka dibutuhkan energi yang stabil dan asupan oksigen yang baik sehingga olahraga aerobik sangat baik untuk kebugaran jantung dan paru-paru.

Kita dapat mengecek kebugaran jantung dan paru dengan mengukur denyut jantung setelah melakukan olahraga aerobik, untuk memastikan apakah jantung dan paru kita bugar dan sehat.

Caranya Mengukur Detak Jantung

Pertama, siapkan alat-alat yang dibutuhkan yaitu stopwatch dan peralatan olahraga.

Lalu hitung detak jantung saat istirahat dan saat beraktifitas atau berolahraga.

Ada dua langkah yang dapat kita lakukan untuk mengukur detak jantung

1. Mengukur pembuluh nadi di leher dan pembuluh nadi di pergelangan tangan. Sambil memegang dan melihat stopwatch, hitung berapa banyak jumlah detak jantung dalam durasi 10 detik.

Lalu kalikan dengan 6 untuk mendapatkan hasil detak jantung dalam satu menit.

Contoh : Dalam hitungan 10 detik Anda memiliki 18 detak jantung, kalikan 6 berarti dalam semenit Anda mempunyai 108 detak jantung.

2. Berolahragalah selama paling tidak 10 menit, setelah itu hitung detak jantung dalam semenit dengan memakai rumus mengukur detak jantung saat istirahat.

Berikut rincian ukuran detak jantung yang normal dalam periode satu menit pada orang dewasa sehat :

Umur 25 tahun = 98-146

Umur 35 tahun = 98-138

Umur 45 tahun = 88-131

Umur 55 tahun = 83 – 123

Umur 65 tahun  =78 – 116

Bagi Anda yang jarang berolahraga, akan segera dapat melihat perubahan detak jantung hanya dengan berjalan kaki selama 10 menit saja.

Namin jika Anda rutin berolahraga maka mungkin butuh waktu beberapa lama baru detak jantung berubah jadi lebih cepat.

Hal ini karena jantung dan paru Anda telah berhasil beradaptasi dengan kegiatan aktifitas fisik sehingga lebih efisien dalam melakukan metabolisme dalam tubuh.

Kebugaran jantung dan paru-paru dapat dilihat dari kestabilan detak jantung pada saat berolahraga yang ditandai dengan pernafasan yang baik ketika beraktifitas atau berolaraga.

Jika detak jantung Anda cenderung tidak teratur dan seperti memburu, Anda akan gampang terengah-engah dan kehabisan napas ketika sedang aktif beraktifitas atau bergerak.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

7 Tindakan Pertama untuk Pertolongan Terhadap Serangan Jantung

Begini Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar