Sinergi Tingkatkan Pengetahuan, Pemkot Palopo dan Unanda Jalin Kerjasama

Sinergi Tingkatkan Pengetahuan, Pemkot Palopo dan Unanda Jalin Kerjasama

Terkini.id, Palopo – Pemerintah Kota Palopo Dengan Universitas Andi Djemma sepakat  menandatangani nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama dirangkaikan dengan pembekalan KKN-Tematik Kotaku Angakatan XXVII Tahun Akademik 2018/2019 Di Ruang Pola Walikota Palopo, Senin 05 November 2018

Penandatanganan tersebut merupakan kerjasama universitas Andi Djema dengan Pemerintah Kota Palopo, guna mendukung kerjasama yang baik dan bersinergitas. Ini juga suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan melalui program Kota Tanpa Kumuh kotaku Palopo, uang berjalan selama 2 bulan, dengan melibatkan 92 mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut Rektor Universitas Andi Djemma Kota Palopo Dr. Marsus Suti, mengungkapkan kesyukurannya  Karena universitas Andi Djemma diberikan kesempatan  menjalin kerjasama dengan pemerintah Kota Palopo.

Lanjutnya melalui kerjasama tersebut diharapkan mahasiswa dapat betul betul mendampingi masyarakat pada saat KKN-TEMATIK, sekaligus menerapkan ilmu yang selama ini didapatkan di kampus selama 7 semester.

Terkait KKN, Dr. Marsus Suti, berharap dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, bukan hanya kebiasaan yang baik, namu tutur bahasa yang baik juga akan di bawa di kehidupan sehari-hari.

” Kota palopo adalah kota bersih yang mengutamakan masyarakat untuk saling menerapkan hidup yang sehat. Dengan itu, berbaur di masyarakat adalah kuliah nyata, yang akan menjadi bekal kedepan,” tandasnya.

Walikota Palopo Yang diwakili oleh sekda Kota palopo H.Jamaluddin mengungkapkan terkait kerjasama, perlu ada pemahaman program, bahwa pemerintah telah menargetka  kekumuhan di seluruh kota-kota di Indonesia dapat dituntaskan hingga akhir 2019, atau dikenal sebagai konitmen ” One Hunred-Zero- One Hunred,”

“Maknanya bahwa pada Tahun 2019 Kota Kota di Indonesia harus dapat mencapai 100% sanitasi tersedia dengan baik, nol wilayah kumuh dan 100% kebutuhan air bersih telah terpenuhi di masyarakat,”ungkap Sekda.

Sekda juga berharap semua pihak dapat memahami alasan pentingnya sinergitas Pemerintah Kota palopo Dengan seluruh pemangku pembangunan di daerah, khususnya kalangan perguruan tinggi.

Perkembangan pesat kota palopo dan dinamikanya, lanjutnya lagi. Dalam berbagai aspek, memerlukan peran aktif kampus dalam menentukan arah peleksanaan stategi pembangunan dan akselerasinya.

“Sebagaimana dipahami bahwa kampus adalah salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan moralitas generasi muda bangsa,”jelasnya.

Ditambahkan Sekda, eksistensi Kampus di Kota Palopo merupakan terbanyak kedua di provensi Sulawesi selatan setelah Kota Makassar, dengan jumlah 17 perguruan tinggi  telah menjadi multipliter effect bagi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tanggung jawab moril Pemerintah Kota Palopo untuk berkontribusi terhadap kualitas lulusan Perguruan Tinggi (PT) dengan memberi ruang peran dan praktek keilmuannya. Karena tidak dipungkiri PT merupakan  sumber tenaga baru dan segar yamg akan terberdaya untuk pembangunan daerah.

“Saya berharap kerjasama ini dapat menjadi praktek terbaik sebuah kerjasama, Antara PT  yang bersinergi dengan Pemerintah. Sehingga kedepan dapat menjadi motivasi dan contoh bagi implementasi kerjasama dan sinergitas yang kedepannya akan lebih sering dilaksanakan,” ungkap Sekda.

Pada akhir sambutannya, Sekda berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat di diharapkan berperan aktif dalam kerjasama tersebut, dan  bersungguh-sungguh, iklas bersemagat dalam melakukan seluruh agenda KKN-Tematik Program Kotaku di lokasi masing-masing.

“Kepada para camat dan lurah yang masuk lokasi KKN-Tematik, termasuk Tim koordinator Kota program kotaku, fasilitator kelurahan dan pengurus badan keswadayaan masyarakat (BKM) serta dosen pembimbing, saya mengajak untuk bersama sama menyesuaikan agenda kerjasama ini termasuk membina Mahasiswa Peserta KKN-Tematik,”tandasnya

Pada penandatanganan nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama tersebut, turut hadir beberpa pimpinan perangkat daerah terkait, serta para Camat dan Lurah se kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini