Sirkulasi Darah Tidak Lancar dalam Tubuh, Ini yang Akan Terjadi

Terkini.id, – Darah di dalam tubuh memiliki sistem sirkulasi yang mengalirkan darah, oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika sistem sirkulasi darah ini tidak lancar maka akan berpengaruh pada organ dan jaringan tubuh.

Berbagai gejala bisa timbul dari dampak tidak lancarnya peredaran darah di dalam tubuh, meski tidak semua gejala terlihat namun bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dampak yang paling terasa dari sirkulasi darah pada tubuh tidak lancar adalah merasa kesemutan atau mati rasa di area tangan dan kaki. Rasa sakit berdenyut di sekitar lengan dan kaki juga menjadi pertanda kurangnya aliran darah di daerah tersebut.

Selain tanda mati rasa dan kesemutan, berikut reaksi tubuh terhadap kurangnya atau tidak memadainya aliran darah dalam tubuh.

Mungkin Anda menyukai ini:

1. Tangan dan Kaki Dingin

Aliran darah yang terbatas atau kurang menyebabkan tangan dan kaki terasa jauh lebih dingin daripada bagian tubuh lain. Tidak normalnya sirkulasi darah menyebabkan fluktuasi suhu pada kulit daan ujung saraf tangan dan kaki.

2. Kaki Mengalami Pembengkakan

Menumpuknya cairan di area tertentu pada tubuh menjadi salah satu penyebab sirkulasi darah yang buruk. Pembengkakan pada area sekitar kaki disebut edema, ini juga bisa menjadi pertanda gagal jantung.

Kaki yang terasa berat dan bengkak, kulit kaki mengencang dan hangat, sendi kaku dan terasa nyeri di daerah yang alami edema.

3. Disfungsi Otak

Aliran darah yang tidak lancar dapat memengaruhi fungsi otak bahkan menyebabkan hilangnya ingatan dan kesulitan berkonsentrasi. Ini terjadi karena aliran darah ke otak dan seluruh tubuh mengalami penurunan.

1 2
Selanjutnya
Bagikan