Masuk

Soal Bola Piala Dunia Qatar 2022, Adidas Tepis Klaim Gubernur Jatim

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Stefan Pursche selaku Director Media Relations Adidas menepis klaim Gubernur Jawa Timur (Gubernur Jatim) Khofifah yang menyebutkan kalau Indonesia memproduksi bola resmi Piala Dunia Qatar 2022.

Dihadapan wartawan, Stefan Pursche menegaskan kalau pihaknya tidak pernah memerintahkan perusahaan Indonesia untuk memproduksi bola yang akan digunakan dalam acara olahraga terbesar di dunia tersebut.

Namun demikian, Stefan Pursche menjelaskan Adidas hanya bekerja sama dengan salah satu perusahaan Indonesia, PT Global Way Indonesia (PT GWI) dalam hal pembuatan tiruan bola Piala Dunia Qatar 2022 yang dijual sebagai cenderamata.

Lebih lanjut, Stefan Pursche mengatakan kalau pihak yang bertanggungjawab dibalik pembuatan bola Piala Dunia Qatar 2022 adalah perusahaan yang berasal dari Pakistan dan China.

“Bola resmi di Piala Dunia merupakan buatan China dan Pakistan,” ujar Stefan Pursche, Kamis 1 Desember 2022.

Diketahui sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah sempat mengumumkan bahwa PT GWI akan memproduksi bola yang nantinya dipakai di Piala Dunia Qatar 2022.

“Kita juga bahagia dan bangga karena bola yang digunakan di UK, Arab, Jerman, Brazil, dan di beberapa negara yang sudah memberikan bukti prestasi di sepak bola, bolanya supply dari Kabupaten Madiun. Ini bisa memberikan semangat kepada tim nasional yang lagi berlaga,” kata Khofifah.

Bahkan Khofifah juga telah mengadakan pemecahan kendi sebagai perayaan PT GWI yang dianggap telah membanggakan Indonesia di ajang internasional.

Sebagai informasi, melalui website resminya, PT GWI membantah kabar bahwa pihaknya pernah mengaku sebagai pembuat bola resmi Piala Dunia Qatar 2022.

“PT Global Way Indonesia bekerjasama dengan Adidas, Puma, UHLSport, Mizuno dan Specs untuk memproduksi perlengkapan olahraga berkualitas tinggi. Sebagai milestone di tahun 2021, PT. Global Way Indonesia menjadi official partner Adidas untuk memproduksi ‘2022 World Cup Soccer Souvenirs,” tutur PT GWI.