Sosok Dadang Suhendi, Mantan Kakanwil ATR/BPN Sulsel di Mata Bawahannya

Mantan Kakanwil ATR/BPN Propinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Dadang Suhendi, S.H, M.H.

Terkini.id, Makassar – Visioner, kreatif, berinovasi dan menginspirasi banyak orang sudah cocok dilekatkan pada sosok mantan Kakanwil ATR/BPN Propinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Dadang Suhendi, S.H, M.H.

Selama 1,5 tahun Dadang memimpin kantor BPN Sulawesi Selatan dan kini ia baru saja dilantik oleh Menteri Sofyan Jalil sebagai Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Sumatara Utara.

Salah satu Pegawai ATR/ BPN Sulawesi Selatan, Andi Akbar Mappiwali menyampaikan ucapan selamat kepada DR.Dadang Suhendi,SH.MH di tempat yang barunya. Ia juga banyak menyampaikan seputar sosok Dadang.

“Selamat menjalankan tugas di tempat yang baru. Selama 1 tahun lima bulan, menyertai kami, karyamu terukir indah penuh makna. Engkau hadir dengan ide, gagasan yang berlian, merontokkan kebekuan sistim perlahan tapi pasti,” ujar Andi Akbar Mappiwali kepada terkini.id.

Aktivitas mantan Kakanwil ATR/BPN Propinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Dadang Suhendi, S.H, M.H.

Ia juga menyebutkan jika Dadang mempunyai ssemboyan selama ini yakni “BERKOBAR” yaitu Bekerja Kompak Bersama, seakan menjadi prisai keutuhan lintas sektor yang lama terpendamkan.

“Sosok inovator, ucapan dari seorang cendikiawan, dan pemuka di Sulawesi Selatan. Bukan ucapan semata, tapi fakta nyata yang terukirkan dari sentuhan, ide dan gagasan yang seiring dengan visi misi Sulawesi Selatan menuju Provinsi yang maju dan modern,” sambungnya.

Dikatakannya lagi jika penguatan ekonomi rakyat, yang berakar dari legalisasi dan pengamanan aset masyarakat , menyentuh hati dan pikiran penguasa tertinggi Sulawesi Selatan, untuk mengajak seiring, seirama dalam satu tujuan kepada para stokholder dan para Forkopimda Provinsi sampai ke daerah untuk membantu kelancaran tugas program strategis Kementerian ATR/BPN di Sulawesi Selatan.

“Sebuah gagasan telah menyadarkan seluruh pemangku kepentingan, bahwa tugas Kementerian ATR/BPN, bukan tugas BPN semata, tetapi menjadi tugas bersama seluruh pemangku dalam rangka turut serta membangun pondasi kemakmuran masyarakat Sulawesi Selatan, yang adil dan arif, aman dan berkelanjutan,” jelasnya.

Mantan Kakanwil ATR/BPN Propinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Dadang Suhendi, S.H, M.H.

Selama menjabat sebagai Kakanwil ATR/ BPN, Dadang juga dikenal sebagai pelopor layanan Gerakan Tertib data Yuridis (GRATIS) dan Tertib untuk Tanda Batas (TUNTAS), dan mengajak  Bupat, Forkopimda di daerah untuk bersama sama pencanangan Gratis-Tuntas untuk mensukseskan langkah sertipikasi tanah masyarakat.

“Di Intern Institusi yang beliau pimpin, tak kalah pentingnya,  adalah gagasan pembenahan infrastruktur layanan, pembangunan sumber daya manusia serta kiat kiat layanan untuk kepuasan masyarakat, menjadi sebuah kenangan yang sulit terlupakan,” kenangnya.

Bahkan Dadang termasuk pemimpun yang luwes dan gaul, menjadi pembangkit semangat melayani para bawahannya, karena cara dan perilaku kepemimpinannya yang tulus dan terindahkan.

“Jangan sungkan sampaikan unek-unek sama saya. Saya selaku pimpinan harus tahu keadaan anak buah, bekerja nyaman itu penting,” imbuh Andi Akbar mencontohkan kata-kata Dadang.

Ditambahkan Andi Akbar, kenyamanan lingkungan kerja, sosk pemerhati ini, sangat diutamakan.

“Sejak beliau pertama kali menginjakkan kaki di Kanwil ATR/BPN Sulsel, beliau berkeliling kantor, menyalami anak buah sampai memperhatikan ruang kerja, tidak berselang lama dibenahi satu persatu mulai tampak depan kantor, from ovice sampai ke ruangan staf perbidang, bahkan tempat tinggal komandan sekuirity pun dibenahi untuk layak huni,’ terangnya.

Bahkan baru saja menjabat di ATR/ BPN, Dadang melakukan kunjungan daerah ke kantar-kantor pertanahan se-Sulawesi Selatan, kemudian memimpin rapat staf dan mengajak para Kepala Kantor untuk melakukan pembenahan, mulai ruang layanan, ruang rapat sampai pada ruang warkah.

“Memang tidak harus seratus persen terbenahi, paling tidak, ada perubahan, ada inovasi yang terstruktur yang pada akhirnya indah pada waktunya,” kenangnya lagi.

Bahkan dalam setiap memimpin upacara, apel atau rapat, Dadang tak hentinya menyampaikan, lakukan perubahan, mulai dari diri sendiri, lingkungan kerja sampai pada pelayanan kepada masyarakat.

Kunjungan mantan Kakanwil ATR/BPN Propinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Dadang Suhendi, S.H, M.H.

“Hadirkan ketulusan hati, koreksi diri apa yang kurang, atau yang tidak pas dalam berkarya. Betulkan hingga kepuasan itu, bukan saja dirasakan orang lain, tetapi berimbas kepada diri kita sendiri sehingga kita betul-betul merasa manfaat pada orang lain,” urainya.

Terakhir, Andi Akbar Mappiwali kembali menyampaikan selamat. Selamat bertugas di tempat lain Bapak Inovatorku. Buah pikirmu akan selalu terkenang pada anak buahmu, untuk menata diri guna pelayanan yang lebih baik, paling tidak, menjadi sebuah cambuk perubahan, bahwa yang sulit itu memulai, tapi sepanjang ada kemauan dan keberanian pasti apa yang diinginkan ada jalan tuk mencapainya (itu katamu).

“Semoga di tempat tugas yang baru, karyamu lebih baik lagi, doa kami mengiringi langkahmu, semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan, kesehatan dalam mengembang tugas negara. Ewako,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Hari Perempuan Sedunia, Bupati IDP: Momentum Strategis Menyuarakan Kesetaraan

Ini Makna Hari Perempuan Menurut Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid

Wawancara Khusus Bersama Plt Dirut Bank Sulselbar Irmayanti Sultan

Wawancara Khusus dengan Ibu Indira Jusuf Ismail di Hari Perempuan Sedunia

Telat Sarjana dan IPK Pas-pasan, Pria Asal Indonesia Ini Sukses Jadi Ilmuwan Kelas Dunia

Menginspirasi, Polisi Ini Jadi Guru Ngaji dan Bahasa Arab

Dulu Urus Ban Mobil, Kini Sukses Jadi Desainer Aksesoris Kelas Dunia

Meski Punya Bisnis yang Sama, Karaeng Hilda: Sukses Bersama Lebih Indah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar