Stasiun LRT Cawang Kelar 90 Persen Selebihnya JPO

Terkini.id, JakartaStasiun LRT Cawang diinformasikan sudah kelar 90 persen dan selebihnya tinggal pembangunan JPO, Rabu 22 Juni 2022.

Diketahui bahwa pembangunan stasiun LRT Jabodebek berdasarkan fisik diinformasikan sudah hampir rampung. Sebagian stasiun LRT juga secara fisik telah nampak kokoh berdiri.

Dari hasil pantauan detikcom, di lokasi Stasiun LRT Cawang contohnya. Walaupun pembangunan sudah dilihat hampir selesai, namun masih ada sebagian pekerja yang masih terlihat sibuk mengerjakan beberapa pekerjaan.

Pada area bawah contohnya, masih ada pekerja yang mengerjakan pengerjaan pembuatan halte buat TransJakarta. Contohnya diketahui, Stasiun LRT Cawang yang nantinya bakal terintegrasi melalui Halte BNN TransJakarta.

Seperti Agus (31), salah satu pekerja yang berada di sana mengatakan bahwa pembangunan Stasiun LRT Cawang tersebut sejatinya telah selesai, hanya tinggal melaksanakan proses finishing.

“Udah selesai stasiun mah, tinggal finishing nya aja. Udah 90 persen, sisanya ya tinggal buat pembangunan JPO (jembatan penyeberangan orang), karena JPO belum jadi,” sebut Agus di area Stasiun LRT Cawang pada Rabu 22 Juni 2022.

Agus menjelaskan bahwa Stasiun LRT Cawang nantinya bakal terdiri pada 3 lantai, yang di mana untuk lantai pertama bakal menjadi loket, dan kedua platform, serta lantai ketiga mezzanine. Dia juga melanjutkan bahwa Stasiun LRT Cawang bakal memiliki 4 peron.

Begitu juga dengan salah satu Soft Contractor di sana, mengatakan bahwa Stasiun LRT Cawang saat ini tinggal melakukan sebagian pekerjaan kecil contohnya pengecatan, perbaikan keretakan, dan juga yang lainnya.

“Sudah selesai, sekarang kita tinggal defect dan repair aja. Misalnya kaya bersihin lantai yang kotor atau retak, dinding-dinding yang belum ketutup, pengecatan begitu,” paparnya.

Betul, akses buat menuju Stasiun LRT Cawang tersebut masih belum rampung dikarenakan belum tersedianya JPO.

Yang ada baru pondasi-pondasi JPO saja. Stasiun LRT Cawang tersebut berada pada antara Jl MT Haryono dan Jl Raya BNN, yang mana kedua jalan itu masih sangat banyak dilalui kendaraan.

Tidak kaget lagi jika jam berangkat kerja dan juga pulang kerja, pada sekitar jalan itu kerap ada kemacetan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa rencana stasiun LRT Jabodebek bakal soft launching di 17 Agustus 2022.

“Di 17 Agustus kita harapkan menjadi soft launching akan kita lakukan. Jadi semua berjalan dengan bagus,” terang Luhut usai meninjau progres depo LRT Jabodebek di Bekasi pada Jumat 1 Mei 2022 silam.

Pada Agustus kedepannya, pihak KAI bakal menggelar demo teknologi Grade of Automation level 3 atau juga GoA3 pada kereta LRT yang bakal digunakan.

Di samping itu, Didiek Hartantyo Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia menyatakan bahwa uji coba buat masyarakat secara umum baru mau dilakukan pada Oktober.

Setelah itu, operasional LRT Jabodebek secara keseluruhan bakal dilakukan paling cepat pada Bulan Desember 2022.

Bagikan