Sudah Diperbaiki, Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu Kini Bisa Beroperasi Normal

Bandara Palu
Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu Telah Selesai Diperbaiki. (foto: Twitter/@Sutopo_PN)

Terkini.id, Palu – Dua pekan pasca gempa dan tsunami mengguncang wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), puluhan ribu rumah dan bangunan serta fasilitas umum porak-poranda. Salah satunya Bandara Mutiara Sis Al Jufri di Palu.

Namun baru-baru ini, Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan bahwa Bandara Mutiara Sis Al Jufri sudah kembali beroperasi pasca diperbaiki Tim Paskhas bekerja sama dengan AirNav.

Kini bandara tersebut bisa dapat dipakai pesawat besar untuk lepas landas (take off) juga mendarat (landing).

Bandara Palu
(Foto: Twitter/@Sutopo_PN)

“Landas pacu Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu sudah diperbaiki dan bisa beroperasi dengan (panjang landasan menjadi) 2.250 meter. Pesawat besar pun sudah dapat take off dan landing,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dilansir terkini.id dari akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Dalam unggahannya tersebut, Sutopo juga memposting foto kondisi terkini dari Bandara Mutiara Sis Al Jufri. Tampak aspal landasan sudah tidak terbelah lagi, beda halnya pada saat gempa mengguncang, di mana landasan pacu tersebut terlihat terbelah dua.

Diketahui, Bandara Mutiara Sis Al Jufri sempat ditutup beberapa saat berselang gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang wilayah Sulteng pada Jumat, 28 September 2018, lalu. Akibatnya landasan pacu dan tower Air Traffic Contorl (ATC) bandara tersebut rusak dan hancur.

Berita Terkait
Komentar
Terkini