Survei LSI: Taufan Pawe unggul di seluruh jenjang pendidikan

Terkini.id, Parepare – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan survei terhadap masyarakat Kota Parepare terkait Pilkada serentak 2018. Hasilnya, LSI menyimpulkan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP), unggul di seluruh segmen pemilih berpendidikan. Peneliti LSI, Rasmuddin, mengatakan survei di Parepare telah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia.

“Kami survei dengan memetakan strata pendidikan setiap warga yang akan disurvei. Kami juga mengambil dari segi penghasilan dan menyesuaikan dengan pekerjaan koresponden tersebut,” kata Rasmuddin, Minggu, 28 Januari 2018.

Rasmuddin menjabarkan, ada empat kategori pendidikan yang disurvei, yakni lulusan SD dan di bawahnya, lulusan SLTP dan sederajat, lulusan SLTA dan sederajat, dan sarjana atau di atasnya. Hasilnya, semua pemilih dari jenjang pendidikan itu dimenangkan TP.

“Untuk lulusan SD dan di bawahnya FAS (bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare, Faisal Andi Sapada-Asriady Samad) berada di 34,30 persen sedangkan TP di angka 50,90 persen. Untuk lulusan SLTP FAS di posisi 19,00 persen dan TP 64,60 persen. Lulusan SLTA FAS di angka 23,30 persen dan TP 59,70 persen. Sementara untuk lulusan sarjana atau
di atasnya FAS di angka 27,70 persen dan TP di angka 59,60 persen,” beber Rasmuddin.

LSI juga membagi jumlah penghasilan setiap koresponden. Ada empat kategori, yakni di bawah Rp1 juta, Rp1 juta hingga Rp2 juta, Rp2 juta hingga Rp3 juta, serta Rp3 juta ke atas.

“Untuk penghasilan di bawah Rp1 juta FAS di angka 25,20 persen sedangkan TP di angka 55,70 persen, untuk penghasilan Rp1 juta hingga Rp2 juta FAS 27,40 persen dan TP 59,60 persen. Selanjutnya untuk penghasilan Rp2 juta hingga Rp3 juta FAS 26,30 persen dan TP 60,50 persen. Sementara warga yang berpenghasilan Rp3 juta ke atas yang biasanya kategori pengusaha, FAS di angka 25,20 persen dan TP di angka 58,30 persen,” ucap Rasmuddin.

LSI juga meramu beberapa alasan hingga akhirnya menjatuhkan pilihan kepada salah satu kandidat. Alasan tersebut yakni, kandidat yang perhatian kepada rakyat, mampu mengatasi masalah ekonomi, berjiwa sosial, mampu menciptakan keamanan dan ketertiban, serta merupakan putra daerah Kota Parepare.

Untuk kategori orangnya perhatian pada rakyat FAS berada di angka 31,90 persen TP 68,10 persen. Mampu mengatasi ekonomi FAS 21,30 persen dan TP 78,70 persen. Berikutnya berjiwa sosial FAS di angka 41,00 persen dan TP 59,00 persen.

Untuk kategori mampu menciptakan keamanan dan ketetiban TP dipercaya dengan angka yang cukup pantastis di angka 84,60 persen dan FAS hanya 15,40 persen. Sementara untuk alasan terakhir, yakni putra daerah Kota Parepare, 91,70 persen percaya untuk TP sedangkan FAS hanya 8,30 persen.

Penulis: Muh Arsyad

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Walikota Taufan Pawe Minta Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

Vidcon Kemendagri, Ini yang Dibahas Walikota Parepare

Jokowi Tegaskan Penetapan Status PSBB di Daerah Harus Hati-hati

Taufan Pawe Bilang Setiap Kebijakan Pemerintah Pusat Kami Pasti Akomodir

Kabar Duka, Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia

Alhamdulillah, Dua Pimpinan Ombudsman Sembuh dari Covid-19

Begini Cara DLH Parepare Sikapi Aduan Warga

TP Bersama Forkopimda Parepare Pantau Pengalihan Arus di Perbatasan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar