Masuk

Susilo Bambang Yudhoyono Duduk Semeja dengan Megawati Soekarnoputri di Gala Dinner KTT G20: Damai Indonesia

Komentar

Terkini.id, Bali – Partai Demokrat buka suara soal Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang duduk di satu meja bersama saat menghadiri agenda Gala Dinner KTT G20 di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Selasa 15 November 2022 malam.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Jansen Sitindaon berharap kalau pertemuan keduanya itu bisa mewakili wajah perpolitikan Indonesia ke depan yang penuh kesejukan.

Jansen menerangkan kalau SBY dan Megawati itu duduk bersama sebagai mantan pemimpin negeri yang diundang ke jamuan makan malam KTT G20.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Belum Putuskan Usungan Capres 2024 di HUT PDIP ke-50

“Pertemuan para mantan pemimpin negeri yang dalam diam tetap menghadirkan kesejukan untuk rakyat di seluruh negeri,” terang Jansen seperti dikutip dari suara.com jaringan terkini.id.

Jansen ingin kalau pertemuan itu turut membuat aura politik Indonesia ke depan menjadi baik.

“Harapannya, begitulah aura politik Indonesia ke depannya. Penuh kesejukan dan kebersamaan,” ucapnya.

Baca Juga: Capres PDIP Dikabarkan Akan Diumumkan Oleh Megawati Soekarnoputri

Di sisi lain, Jansen mengungkapkan kalau foto itu diambil ketika jajaran mantan presiden dan wakil presiden beserta pendamping tengah menunggu di ruang transit sebelum beranjak ke Lotus Pond Garuda Wisnu Kencana untuk menghadiri undangan jamuan makan malam KTT G20.

Duduk Satu Meja

Ada momen menarik pada agenda tersebut di mana Presiden kelima republika Indonesia, Megawati Soekarnoputri duduk semeja dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Momen tersebut diabadikan dalam sebuah foto yang kemudian diunggah oleh kader Partai Demokrat Jansen Sitindaon.

“Damai Indonesia, foto di Bali malam ini. Dalam jamuan makan malam G20. Sehat semua untuk para pemimpin,” kata Jansen melalui akun Twitternya @jansen_jsp pada Selasa 15 November 2022.

Baca Juga: KTT G20 Tahun 2022 di Bali Merupakan Salah satu Momen Bersejarah

Adapun di meja bundar itu dipenuhi oleh jajaran pimpinan negara Indonesia. SBY tampak mengenakan batik biru berlengan panjang.

Ia duduk di seberang Megawati yang mengenakan pakaian dengan warna senada.
Sementara itu, ada Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno bersama istri, Wakil Presiden ke-5 RI Hamzah Haz, dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla beserta istri.

Ketua DPR RI sekaligus puteri dari Megawati juga ikut berfoto dari meja bundar tersebut.
Hubungan Megawati dengan SBY disebut merenggang sejak 2004.

Perang dingin disebut-sebut pecah ketika Megawati mencopot SBY dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Setelah itu, SBY maju ke panggung politik melalui Pemilihan Presiden (Pilpres) 2004. Kala itu SBY maju sebagai capres didampingi Jusuf Kalla.

SBY pada saat itu mengalahkan Megawati yang berpasangan dengan Hasyim Muzadi.
Kekalahan kembali ditelan Megawati saat mencoba bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.

Memboyong Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden, Megawati kembali dikalahkan SBY yang berpasangan dengan Boediono. (suara.com)