Tahukah Anda, Banyak Orang yang Merasa Aneh Saat Mendengar Rekaman Suaranya Sendiri

Terkini.id, Makassar – Kita mungkin pernah iseng-iseng merekam suara kita sendiri dan lantas mendengarnya. Namun, saat mendengarnya kita malah merasa aneh lantaran suara yang terdengar beda dengan suara asli kita.

Mengapa demikian? Dilansir dari Bobo Grid, hal itu terjadi karena saat berbicara, suara yang keluar dari mulut kita akan masuk ke dalam telinga. Suara yang kita keluarkan itu masuk ke telinga dengan bantuan udara.

Namun, karena udara ikut masuk, suara yang keluar dari mulut kita pun akan masuk ke telinga dengan getaran yang lebih rendah dari aslinya.

Maka dari itu, suara yang kita dengar secara langsung akan lebih kecil dan berbeda dengan suara yang kita keluarkan. Namun, kita tidak menyadarinya.

Mungkin Anda menyukai ini:

Penyebab lainnya yakni ketika kita mengeluarkan suara, kita akan mengeluarkan getaran di udara. Nah, getaran inilah yang direkam oleh alat perekam.

Baca Juga: Perempuan di China Lahirkan Bayi Kembar dari Dua Ayah, Bisakah?

Namun uniknya, alat perekam itu akan mengambil getaran yang sama dengan getaran yang dikeluarkan dari mulut kita.

Lantaran getaran yang direkam sama, kita pun akan merasa aneh saat mendengar suara kita yang sudah direkam.

Hal-hal itulah yang membuat suara yang dengar di rekaman beda dengan suara asli kita hingga kita pun merasa ada yang aneh dengan suara kita sendiri.

Baca Juga: Lapor Polisi, Sang Mertua Yakin Putrinya Meninggal karena Alat Kelamin...

Bahkan, banyak yang merasa tidak suka saat mendengar rekaman suaranya sendiri lewat alat perekam.

Bagikan