Tak Disangka, 5 Makanan yang Sering Anda Konsumsi Ini Ternyata Mengandung Racun

Makanan
Nasi jadi salah satu makanan yang ternyata mengandung racun. (foto: hock.id)

Terkini.id – Makanan tidak akan pernah bisa dilepaskan dari hidup manusia. Sebab, benda tersebut sangat penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan manusia di dunia. Apapun yang kita makan, sangat penting dan bijak untuk mendapat informasi seluas-luasnya.

Banyak makanan yang sering kita konsumsi dan ditemukan dalam dapur, ternyata memiliki bagian yang berbahaya. Ada yang beracun, hingga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Meski beberapa makanan terlihat umum dan aman, tapi ternyata memiliki efek yang berbahaya untuk tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan sehari-hari yang kerap kita konsumsi namun ternyata mengandung racun berbahaya bagi tubuh kita.

1. Singkong

Makanan
Singkong. (foto: guidance.com)

Sebagai sumber karbohidrat, singkong termasuk salah satu makanan utama di daerah tropis. Singkong bisa jadi berbahaya apabila dikonsumsi dalam kondisi mentah, dalam jumlah banyak, atau bila cara pengolahannya salah.

Hal tersebut karena singkong mengandung bahan kimia yang disebut glikosida sianogenik, yang dapat melepaskan zat sianida dalam tubuh saat dikonsumsi.

Di beberapa negara, singkong juga telah terbukti menyerap bahan kimia berbahaya dari tanah, seperti arsenik dan kadmium. Hal ini dapat meningkatkan risiko kanker pada mereka yang bergantung pada singkong sebagai makanan pokok.

2. Nasi

Makanan
Nasi. (foto: hellosehat.com)

Sebagai salah satu makanan pokok di banyak negara Asia, nasi ternyata mengandung beberapa komponen racun. Menurut laporan dari Bon Appetit, nasi mengandung racun arsenik.

Racun ini dapat menyebabkan muntah, sakit perut, dan vertigo. Biasanya kadar arsenik yang paling tinggi, sering ditemukan di beras merah hingga produk beras instan.

Tapi tak perlu khawatir, karena menurut beberapa studi, racun arsenik dalam beras ini tidak akan membunuh orang. Karena dibutuhkan setidaknya 7 juta porsi nasi, untuk menyebabkan racun arsenik tersebut membunuh seseorang.

Tapi para peneliti tetap menganjurkan untuk membatasi porsi nasi, karena paparan arsenik yang kecil sekalipun dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih.

3. Tomat

Makanan
Tomat. (foto: aladokter.com)

Mulai dari mentah hingga matang, tomat selalu menjadi bagian penting dari menu makanan kita. Banyak dari kita yang tidak sadar kalau tomat mengandung racun bernama glycoalkaloid yang ditemukan di daunnya.

4. Apel

Makanan
Apel. (foto: parentingclub.com)

Sebagaimana sebuah ungkapan mengatakan, satu apel setiap hari dapat menjauhkan penyakit. Itu sebabnya, jarang ada yang menyangka buah apel mengandung sianida yang beracun.

Nyatanya, di tiap bagian tengah apel, terdapat biji-biji kecil berwarna hitam yang mengandung zat amygdalin. Zat ini akan melepaskan sianida saat berinteraksi dengan enzim pencernaan.

Dosis kecil sianida dapat dinetralkan oleh enzim dalam tubuh. Namun jika dosisnya lebih besar, dapat membahayakan. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, karena untuk mencapai dosis sianida yang berbahaya, dibutuhkan sekitar 200 biji apel.

5. Kentang

Makanan
Kentang. (foto: akurat.com)

Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi faktanya kentang sangat beracun pada bagian batang dan daun. Meski kasus keracunan kentang sangat jarang ditemui, tidak menutup kemungkinan juga untuk terjadi. Kentang hijau atau daun kentang dapat mengakibatkan kematian.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

10 Langkah Menurunkan Nyeri Asam Lambung

Terkini.id, Jakarta - Sakit asam lambung seringkali datang tak diduga. Saat kambuh, sebaiknya jangan langsung mencoba obat-obatan kimia yang banyak dijual.Pola makan, tingkat stres