Tak Disangka, Ternyata Ini Alasan Israel Melarang Rakyat Indonesia Masuk ke Negaranya

palestina israel
Tak Disangka, Ternyata Ini Alasan Israel Melarang Rakyat Indonesia Masuk ke Negaranya. (foto/rmoljabar.com)

Terkini.id – Perang yang terus berkecamuk di Timur Tengah antara Palestina dan Israel tak kunjung berakhir. Perang yang telah menelan banyak korban jiwa dari warga sipil dan militer ini tak pernah menemui titik damai hingga saat ini.

Baru-baru ini, masyarakat dunia dihebohkan oleh aksi keji Tentara Israel yang menembak mati relawan Medis wanita, Razan. Sontak saja perlakuan yang tidak manusiawi dari tentara Israel tersebut mendapat kecaman dari berbagai penjuru dunia.

Dilansir dari boombastis, hal lainnya yang sedang banyak diperbincangkan saat ini yakni larangan bagi warga negara Indonesia untuk memasuki negara tersebut.

Hal ini berlaku untuk individu, kelompok, serta orang yang ingin berwisata rohani. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, apakah merupakan balas dendam berkaitan dengan keputusan Indonesia Mei lalu? Nah, ternyata hal inilah yang menjadi latar belakang semuanya.

Rakyat Indonesia Mendukung Perjuangan Palestina

palestina israel
Aksi Indonesia mendukung Palestina. (foto/gelora.com)

Seperti telah diketahui, Indonesia adalah salah satu dari banyak negara yang sangat pro terhadap perjuangan rakyat di Palestina. Walaupun tak banyak hal yang bisa dilakukan, setidaknya Indonesia mengirim bantuan sebisa mungkin untuk negara yang sudah porak poranda ini.

Sekelompok demonstran di Indonesia mendukung aksi-aksi demonstrasi di Palestina, Tak hanya itu, bahkan para demonstran membakar bendera Amerika Serikat dan Israel di luar Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Aksi Israel Membalas Indonesia

palestina israel
Israel. (foto/jerussalempost.com)

Sebagai bentuk protes atas tewasnya puluhan nyawa warga Palestina oleh tentara Israel ketika aksi protes di Jalur Gaza, memperingati 70 tahun Nakba, 15 Mei lalu, Indonesia melarang warga yang memiliki passport Israel untuk memasuki tanah air.

Peringatan Nakba adalah peristiwa yang menewaskan jutaan penduduk Palestina yang diusir dari tanah mereka yang direbut Israel. Warga Israel yang hendak ke Indonesia ketika itu harus mengajukan visa melalui negara ketiga seperti Thailand dan Singapura.

Negara Lain Selain Indonesia

palestina israel
Malaysia. (foto/globalindo.co)

Tak hanya Indonesia, ada dua negara lagi yang juga dilarang memasuki Negeri Bintang Daud ini. Adalah negara tetangga, Malaysia dan dan Iran.

Berbeda dengan Indonesia, Departemen Imigrasi Malaysia memutuskan Israel sebagai wilayah yang ilegal dikunjungi oleh orang Malaysia, karena perang yang tak kunjung usai akan sangat membahayakan nyawa para turis yang ingin ke sana.

Negara yang merupakan musuh bebuyutan Israel sejak lama, Iran, juga memberlakukan hal yang sama. Meski tampaknya adem ayem saja, kedua belah pihak menyebut illegal siapapun musuh yang berani mengunjungi negara mereka. Bahkan akan ada sanksi berat untuk pelanggaran ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini