Tak Perlu Pakai Masker, Siswa Vietnam Ciptakan Sepeda Bebas Polusi

Viet Nam News/Nguyen Dung
Viet Nam News/Nguyen Dung

Terkini.id – Sejumlah siswa di Vietnam telah bersksperimen dan kinini sukses menciptakan sebuah alat penyaring udara yang dipasang di sepeda.

Dilaporkan Viet Nam News, tiga sekawan dari SMA Thang Long Gifted di kota Dalat tersebut menghabiskan waktu enam bulan untuk bereksperimen sebelum menyelesaikan rancangannya.

Alat itu dipasang pada bagian setang sepeda. Alat tersebut bekerja seperti penyaring udara yang dilengkapi dengan baterai.

Alat penyaring tersebut menggunakan tiga lapis kapas dan lembaran filter karbon aktif untuk menangkap debu.

Alat penyaring itu terhubung dengan kipas kecil yang terpasang pada kedua sisi roda depan, dan disambungkan dengan dinamo sepeda tersebut.

Kipas-kipas itu kemudian meniupkan udara bersih ke wajah pengendara sepeda, sekaligus mengisi daya baterai yang berfungsi mengaktifkan alat penyaring.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa alat tersebut dapat menyaring hingga 86 persen debu dan 63 persen nitrogen oksida.

Pham Gia Sam, guru fisika di sekolah itu, meykini hasil eksperimen itu bisa dipercaya karena telah diperoleh melalui banyak uji coba di berbagai lokasi yang berbeda di kota itu.

Ketiga siswa yang menjadi juara kedua dalam kompetisi teknik dan sains nasional tingkat SMA pada tahun akademik itu pun bertekad untuk melanjutkan penelitian mereka untuk mengembangkan alat tersebut agar bisa memberikan dampak maksimal.

“Tidak lama lagi, kami akan memproduksi massal alat penyaring tersebut untuk sepeda listrik, yang dapat berkontribusi dalam upaya melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan,” kata salah satu siswa, Cao Thị Khanh Hoa.

Dan untuk menjaga agar ongkos produksi tetap rendah, para siswa telah menggunakan bahan-bahan daur ulang.

Hal itu sebenarnya bukan hal baru. Seniman Belanda Daan Roosegaarde sebelumnya telah merancang sepeda bebas kabut asap selama beberapa tahun terakhir, yang merupakan bagian dari proyek ramah lingkungan yang lebih besar.

Purwa rupa alat ciptaannya, yang juga diletakkan di bagian setang sepeda, menghirup udara berpolusi, lalu membersihkannya menggunakan ionisasi positif, kemudian melepaskan udara yang sudah dibersihkan ke udara bebas di sekitar si pengendara sepeda.

Desain tersebut terinspirasi oleh ikan pari manta yang menyaring air untuk mendapatkan makanan.

Perusahaan desain milik Roosegaarde, Studio Roosegaarde, memiliki rencana ambisius untuk sepeda bebas kabut asapnya.

Mereka merencanakan pengerahan sepeda itu secara besar-besaran untuk menciptakan dampak yang besar di kota-kota berpolusi, di mana mereka telah cukup lama mengerjakan perencanaan tersebut.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Nasib Pakistan Habis Lebaran

BEGITULAH nasib kita, eh, nasib Pakistan. Begitu sulit mencari jalan keluar. Bebannya begitu besar. Jalan berliku sudah dilalui. Oleh pemimpin baru mereka: Imran Khan.
Opini

Cahaya Ilahi

CAHAYA Ilahi senantiasa terpatri dari ayat-ayat suci Alquran yang dilantunkan sepanjang Ramadan ini. Salah satu kemuliaan dan cahaya Ramadan, karena di dalam bulan Ramadan,
Opini

I’tikaf dan Lailatul Qadar

PADA Jumat, 24 Mei 2019 bertepatan hari ke-19 ramadan 1440 Hijriyah, saya mendapat amanah khotbah Jumat di Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar.Panitia memberi topik; “I’tikaf
Opini

Ramadan itu Bulan Alquran

DEMIKIAN dahsyatnya kekuatan ruhiyah Al-Quran sehingga sekiranya diturunkan di atas sebuah gunung niscaya gunung itu akan goncang. Goncang karena rasa takut terhadap Allah SWT,
Opini

Pilpres, Hoaks dan Darurat Literasi Digital

PILPRES  2019 mungkin arena pertarungan paling menguras energi sepanjang sejarah republik ini. Tidak hanya bagi kedua pasang kandidat dan tim pemenangan masing-masing, tetapi juga
Opini

Entertainisasi Ramadan

KEHADIRAN bulan Ramadan yang penuh hikmah, mestinya menjadi momentum bagi umat Islam melakukan resonansi penyucian jiwa, menuju pembentukan pribadi muslim yang paripurna.Berbagai ekspresi keagamaan
Opini

Pembunuhan Karakter di Media Sosial

ERA keterbukaan informasi merupakan gerbong yang luar biasa bagi masyarakat luas untuk mendapatkan informasi yang cepat, mudah dan tidak terbatas.Sebagai warga negara, memperoleh informasi
Opini

Puasa itu Menyuburkan Ruhiyah

Mankind is a spiritual being in a physical body.KALAU seandainya saya ditanya tentang defenisi manusia maka jawaban saya kira-kira seperti di atas. Bahwa manusia
Opini

Pendidikan Qur’ani

MOMENTUM 17 Ramadan ini sejatinya menjadi titik pijak merenungkan ihwal konstruksi dunia pendidikan dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber ilmu dan akhlak.Pendidikan berkualitas melahirkan sumber