Takut ke Dokter, Anda Mengalami Fobia Ini

Takut ke dokter secara berlebihan Anda mengalami fobia. Gambar : Deferba.com

Terkini.id, – Saat sakit, kita memerlukan dokter untuk memeriksa kesehatan, mendeteksi penyakit di dalam tubuh kita. Beberapa orang memiliki rasa takut berlebihan atau fobia ketika diajak memeriksakan kesehatan ke dokter.

Rasa takut ini timbul karena takut disuntik, takut melihat darah, tidak suka dengan bau obat atau mengalami trauma ketika kehilangan orang terkasih di rumah sakit. Ketakutan seperti ini disebut Iatrofobia.

Dalam batas kewajaran rasa takut yang muncul dalam diri seseorang ketika diperhadapkan pada pilihan untuk memeriksakan kesehatan ke dokter merupakan hal biasa namun jika ketakutan tersebut menimbulkan rasa panik, pusing, mual bahkan sampai muntah mendengar ajakan ke dokter itu berarti Anda mengalami fobia Iatrofobia.

Menolak ke dokter ketika sangat membutuhkan dokter akan sangat membahayakan kesehatan kita terutama jika penyakit yang diderita semakin parah bahkan hingga menyebabkan kematian.

Biasanya penderita fobia ini lebih memilih mengobati penyakitnya dengan memakai ramuan herbal yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakitnya namun belum bisa dipastikan terjamin keampuhan dan keamanannya.

Menarik untuk Anda:

Beberapa cara ini bisa mengatasi rasa takut pergi ke dokter
1. Tuliskan rasa takut yang mengganjal dalam diri Anda secara spesifik pada secarik kertas dan tujukan ke dokter yang akan memeriksa Anda.

2. Cari tahu penyebab rasa takut itu apakah karena pernah punya pengalaman masa lalu atau hanya karena pernah mendengar dari orang lain tentang seorang dokter. Pikirkan dengan positif bahwa dokter membantu dalam penyembuhan penyakit Anda. Lawan ketakutan dengan pikiran dan logika positif apa yang akan Anda rasakan jika mendapat pertolongan seorang dokter, pikirkan tentang kesembuhan dan keselamatan Anda. Dengan mencari tahu penyebab rasa takut Anda secara bertahap akan membantu menghilangkan rasa takut tersebut dengan mudah.

3. Buat pengakuan bahwa Anda tidak takut, Anda berani dan Anda percaya dokter bisa membantu menghilangkan rasa sakit yang diderita.

4. Yakinkan pada diri Anda bahwa prosedur perawatan dan pengobatan saat ini semakin canggih sehingga Anda yakin dokter akan bisa mendeteksi penyakit yang Anda derita.

5. Pilihlah rumah sakit yang Anda rasa nyaman untuk dikunjungi atau cari tahu dokter yang Anda ingin temui, berkomunikasi dengan dokter sebelum mengunjunginya akan membantu Anda mengatasi rasa takut yang berlebihan.

6. Diskusikan dengan dokter mengenai prosedur pemeriksaan sehingga Anda mengetahui apa saja yang akan dilakukan dokter pada Anda ketika diperiksa.

7. Lakukan teknik relaksasi dengan latihan pernafasan. Relaksasi akan membantu Anda mengurangi rasa takut ketika berhadapan dengan dokter. Ambil pernafasan selama 4-5 detik dan lepaskan seirama 4-5 detik. Lakukan berulang-ulang sampai Anda merasa tenang dan lega.

Rasa takut pasti bisa Anda hilangkan asal Anda mau dan berpikir positif bahwa semua orang membutuhkan dokter untuk membantu mendapatkan pertolongan atas sakit yang di derita.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mengenal Fungsi Hormon yang Mendukung Program Penurunan Berat Badan

Banyak Dijual, Kementerian Kesehatan Minta Jangan Pakai Masker Scuba

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar