Tambah RTH, Pemkot Makassar tanam 50.000 pohon mangrove

Pemkota Makassar tanam 50.000 pohon mangrove

Terkini.id, Makassar – Memperingati hari bumi, hari buruh sedunia dan 4 Tahun Kepemimpinan DIA, Pemerintah Kota Makassar melakukan penanaman mangrove sebanyak 50.000 pohon di dua wilayah kelurahan, yakni Kel. Untia Kec. Biringkanayya dan Kel. Bira Kec. Tamalanrea. Jumat 4 Mei 2018.

“Kita targetkan 50.000 pohon, bibitnya kita siapkan 50.000, ” ucap Plt Walikota Makassar, Syamsu Rizal saat ditemui di lokasi penanaman mangrove.

Syamsu Rizal mengungkapkan bahwa penanaman mangrove difokuskan pada satu titik, hanya saja terbagi dalam beberapa zona.

“Titik sambungan antara Untia dan Lantebung sepanjang 1,2 km, jadi antara Biringkanayya dan Tamalanrea. Spotnya disini adalah pelabuhan nusantara Untia kemudian spot yang satunya adalah kawasan wisata lantebung,” ungkap Deng Ical sapaan akrab Syamsu Rizal.

“Ini yang kita bagi kedalam enam zona, SKPDnya kita bagi, kelompok buruhnya kita bagi, ormasnya kita bagi dan TNI Polrinya kita bagi supaya sepanjang 1,2 km ini terjadi vegetasi seluas 5 hektar,” lanjutnya.

Baca juga:

Hal ini diharapkan bisa menambah ruang terbuka hijau di Kota Makassar yang baru berkisar dan juga sekaligus mengedukasi masyarakat agar sadar lingkungan.

“Masyarakat sendiri mulai menjaga lingkungannya karena telah menyadari manfaatnya, pendapatan ekonominya meningkat, ada yang bisa dihasilkan dari segi ekonomi karena mulai banyak lagi ikan, terutama kepiting,” ucap Deng Ical.

Deng Ical mengatakan bahwa Secara umum ada dua tujuan yang hendak dicapai melalui program penanaman pohon mangrove ini.

“Yang pertama itu secara teknis tentu saja RTH, tapi tujuan syrategisnya kita adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola pembangunan berkelanjutan,” ungkapnya.

Terakhir Deng Ical berharap agar pohon yang ditanam bisa terus dijaga, dan juga terus melanjutkan penanaman pohon mangrove.

“Menjaga dan menanam terus, karena kita punya target itu 1 juta pohon,” ucapnya.

Kegiatan penanaman mangrove ini sendiri melibatkan sekitar 20.000 peserta, 52 SKPD dengan luas area yang ditanami seluas 5 hektar. Sementara bibit mangrove berasal dari kelompok binaan.

Komentar

Rekomendasi

Viral Video Keluarga Pasien Diseret Satgas Covid-19, Kadinkes Sulsel Minta Maaf

Sejumlah Sekdis Jadi Plt Kepala Dinas, Yusran: Tak Ada Lagi Rangkap Jabatan

Dinkes Makassar Sebut Ada Pasien Sudah Sembuh Kembali Terpapar Covid-19

Alat Tes Covid-19 Terbatas, Dinkes Makassar: Barangnya Tidak Ada

Update 29 Mei Pasien Covid-19 Per Kecamatan Kota Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar