Teknologi Hybrid pada Mobil Sudah Mulai Banyak Ditawarkan Produsen, Harga Jual Cukup Mahal

Terkini.id, Jakarta – Teknologi hybrid pada mobil sudah mulai banyak ditawarkan produsen, namun dengan harga jual yang cukup mahal mengingat salah satu perangkat batere yang terdapat di mobil hybrid membuat harga jual menjadi tinggi.

Salah satu produsen yang akan menawarkan teknologi hybrid yang akan ditawarkan dengan harga murah yakni Suzuki yang digadang akan menawarkan mobil hybrid dengan harga sangat terjangkau.

Bahkan rencana peluncuran model hybrid tersebut akan dilakukan bulan depan di pameran otomotif IIMS 2022.

Baca Juga: Suzuki Luncurkan All New Ertiga Hybrid di Makassar, Ada Test...

Dilansir dari laman Hops.id Kamis 27 Januari 2022, jika model yang akan dipamerkan memiliki teknologi ramah lingkungan.

Meski tidak menyebut secara pasti, besar kemungkinan Suzuki akan tetap mempertahankan teknologi mild hybridnya.

Baca Juga: Program Kemilau, Beli Mobil Suzuki Bonus Suzuki Jimny di Dealer...

Teknologi tersebut merupakan, salah satu strategi yang dilakukan Suzuki untuk memberikan pilihan teknologi ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

Teknologi mild hybrid sendiri sebenarnya sudah pernah dibawa Suzuki ke Indonesia melalui model new Ertiga diesel hybrid pada tahu.n 2017 lalu. Sayangnya model ini tak banyak mendorong minat konsumen terhadap kendaraan ramah lingkungan saat itu.

Teknologi mild hybrid dengan sebutan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) menjadi teknologi mild hybrid yang sangat murah dan belum ditawarkan produsen otomotif di Indonesia. 

Baca Juga: Program Kemilau, Beli Mobil Suzuki Bonus Suzuki Jimny di Dealer...

Jika dibandingkan dengan teknologi hybrid murni pada umumnya yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak roda. Teknologi mild hybrid SHVS memiliki sistem yang berbeda dari hybrid murni, dimana motor listrik hanya dijadikan sebagai generator.

Teknologi ini sendiri dibuat untuk sistem penggerak mesin dan telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional yang mampu memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Seperti mobil hybrid pada umumnya, teknologi SHVS juga dilengkapi dengan baterai sebagai sumber tenaga. Lithium Ion Battery dirancang untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG.

ISG akan digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga. Teknologi SHVS ini mencakup efisiensi bahan bakar, ringan, dan kompak sehingga merupakan sistem yang ideal untuk mobil-mobil kompak.

Bagikan