Pendiri DDI, AGH Ambo Dalle Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Anggota DPR RI dari Farksi PDIP,Hamka Haq bersilaturahmi dengan Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah, Hamka diterima di Ruang Kerja Gubernur Sulsel, Jumat 12 Oktober 2018.

Terkini.id, Makassar – Anggota DPR RI dari Farksi PDIP, Hamka Haq bersilaturahmi dengan Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah. Hamka diterima di Ruang Kerja Gubernur Sulsel, Jumat 12 Oktober 2018.

Inti dari pertemuan tersebut, membahas mengenai kesiapan jelang Hari Pahlawan Nasional pada 10 November mendatang.

Hamka mengusulkan nama Anregurutta KH Abdurahman Ambo Dalle yang merupakan pemimpin dan pendiri Darud Dakwah Wal Irsyad (DDI) dijadikan sebagai pahlawan nasional.

“Menghadapi Hari Pahlawan Nasional ada tokoh yang kita usulkan, saya mengusulkan KH Abdurahman Ambo Dalle, pemimpin dan pendiri DDI. Beliau mendirikan DDI tahun 1930,” paparnya.

Mengapa Ambo Dalle, karena melalui DDI (Mangkoso), Ia mencerdaskan bangsa sebelum Indonesia merdeka.

“Beliau pendiri lembaga pendidikan Islam tertua dan terbesar di Sulsel. Tetapi beliau juga turut memberikan andil secara tidak langsung bagi terbentuknya kelaskaran Sulsel,” kata pria kelahiran Kabupaten Barru ini.

Menurut Mayjen (Purn) Andi Mattalatta merupakan seorang tokoh pejuang kemerdekaan, sebelum berangkat ke Jakarta bergabung dengan defisi-defisi laskar di Jawa menyempatkan untuk meminta restu ke Ambo Dalle. Setelah kembali ke sana, Andi Mattalata membentuk cabang TRI (Tentara Republik Indonesia) di Sulsel.

Ini didahului dengan konferensi Pacceke, pada tahun 1947. Ini dilaksanakan karena mendapat dukungan spiritual dan moril dari AGH Ambo Dalle di Barru.

“Saya kira dari segi itu punya andil besar,” pungkasnya.

Berita Terkait