Terapkan Ilmu Kuliah, Mahasiswa Akuntansi Uinam Gelar Pameran Kewirausahaan

akuntansi uinam
Pameran Kewirausahaan digelar mahasiswa Akuntansi Uinam

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa Akuntansi UIN Alauddin Makassar angkatan 2016 menggelar Expo atau Pameran wirausaha, di mana kegiatan ini merupakan bentuk pengaplikasian dari mata kuliah kewirausahaan.

Seluruh mahasiswa Akuntansi yang mengikuti mata kuliah Kewirausahaan ini wajib menampilkan produk yang dibuatnya baik itu dalam bentuk makanan ataupun bentuk lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 16 hingga 17 Januari 2019 di pelataran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan ini terlaksana melalui arahan langsung dari Dosen pengampuh mata kuliah Kewirausahaan, Jamaluddin SE MSi yang juga merupakan Ketua Jurusan Akuntansi UIN Alauddin Makassar.

Mahasiswa diarahkan untuk membentuk kelompok wirausaha di mana setiap kelompok rata-rata terdiri dari enam anggota kelompok.

Setiap kelompok masing-masing diberikan waktu selama empat bulan untuk mempersiapkan produk yang akan dipamerkannya dan penilaiannya dilakukan langsung oleh Jamaluddin SE MSi berdasarkan beberapa kategori yang telah ditetapkannya.

‘’Terkait dengan pelaksanaan expo kewirausahaan akuntansi 2018-2019, mahasiswa harus mempunyai nilai yang lebih dalam pengembangan-pengembangan ilmu pengetahuan,” ujar Jamaluddin, Jumat, 18 Januari 2019.

Lanjutnya, tidak hanya sebagai mahasiswa yang berkecimpung dalam bidang akuntansi, tetapi juga mahasiswa akuntansi itu harus paham terkait persoalan dunia usaha.

“Dalam hal ini mahasiswa akuntansi harus dibekali dengan ilmu kewirausahaan sebagai bekal untuk calon sarjana nantinya,’” terangnya.

Dia juga mengatakan manfaat dari expo akuntansi ini sangat besar.

“Salah satunya dapat menginterpretasikan keilmuan ke dalam program kurikulum dalam satu kesatuan terkait dengan pengaplikasian teori dan cara mempraktikannya, serta dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam dunia wirausaha,” ujar Jamaluddin.

“Harapan saya adalah acara ini bisa berkesinambungan dan bisa lebih besar lagi, serta dengan adanya konsep industri 4.0 mahasiswa harus jeli melihat peluang-peluang melalui sistem informasi agar bisa mendapatkan keuntungan,” sambungnya.

Sementara itu, Wahyuni selaku pengunjung acara ini mengungkapkan pendapatnya bahwa acara ini sangat menarik.

“Karena dapat mengasah kemampuan dan kreativitas mahasiswa akuntansi untuk menciptakan peluang usaha dilingkungan mahasiswa sendiri,” ucap Wahyuni.

Walaupun acara ini berlangsung di musim hujan, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk tetap berkreasi dengan menjual berbagai produknya di acara expo tersebut, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik sejak awal dibukanya acara hingga selesai.

Citizen Reporter: Ismail Kurniawan (Mahasiswa Jurusan Akuntansi)