Terapkan Ini Jika Ingin Diterima Kerja di Manapun

Ilustrasi karyawan. Integritas atau integrity merupakan komitmen (commitment) yang berperan penting terhadap karier seorang karyawan. Integritas, bahkan menjadi poros dari kekuatan sumber daya manusia (SDM). Integritas sifatnya sangat urgen atau penting karena akan menentukan masa depan perusahaan. / Effendy Wongso

TERKINI.id – Terapkan ini jika ingin diterima kerja di manapun. Setiap hari, masif orang mengeluh terkait susahnya mencari pekerjaan. Jika dilihat secara kasatmata, hal itu bertolak belakang dengan kenyataan. Pasalnya, ladang pekerjaan bertebaran di mana-mana. Tinggal menyesuaikan kompartemen lowongan apa yang dibutuhkan, yang sudah pasti tidak terpisah dari skill dan disiplin ilmu yang sudah dikuasai.

Akan tetapi, mengapa masih banyak yang kesulitan mendapatkan pekerjaan? Padahal, ijazah maupun pengalaman kerja yang ada cukup mumpuni. Jawabannya sebenarnya tidak sulit, sebab secara umum perusahaan tidak melulu mencari pekerja yang sempurna (smart worker), tetapi pekerja yang berintegritas.

Sehingga, jika ada pepatah milineal yang mengatakan “orang pintar belum tentu berintegritas, tetapi orang berintegritas sudah pasti pintar” adalah benar adanya. Pepatah bijak dalam dunia kerja itu menegaskan secara implisit, pekerja atau karyawan pintar tidak bisa mengejawantahkan kepintaran mereka, tetapi karyawan berintegritas dapat beradaptasi terhadap perusahaan dengan memegang teguh integritas.

Integritas atau integrity merupakan komitmen (commitment) yang berperan penting terhadap karier seorang karyawan. Integritas, bahkan menjadi poros dari kekuatan sumber daya manusia (SDM). Integritas sifatnya sangat urgen atau penting karena akan menentukan masa depan perusahaan.

Baca :Perlu diketahui, tempat kerja yang buruk bisa membunuh karyawan dan perusahaan

Dengan memiliki karyawan berintegritas, dapat dipastikan sebuah perusahaan akan maju. Adapun poin-poin integritas antara lain:

Patuh dan menjalankan tugas secara baik

Salah satu ciri utama karyawan berkualitas adalah mereka yang memahami peran dan tanggung jawabnya di sebuah perusahaan. Mereka juga menciptakan daya saing yang baik di hadapan pimpinan melalui hasil kerjanya.

Produktif berkesinambungan

Memprioritaskan pekerjaan dan mengelola waktu dengan baik. Hal tersebut akan membangun proses produktif berkesinambungan. Mereka mematuhi dan tahu kapan mengerjakan suatu tugas dan tidak menunda pekerjaan, khususnya saat melibatkan orang lain atau rekan sekerja mereka dalam kompatibilitas bersama.

Lambatnya tugas seorang karyawan akan berpengaruh pada pekerjaan orang lain. Karyawan ideal, tahu bagaimana cara mengelola waktu sendiri dan menyesuaikan sesuai kebutuhan tugasnya.

Berorientasi pada target

Karyawan yang bekerja dengan tujuan bersama (compatibilty), secara sadar telah memberdayakan kemampuan terbaik dalam dirinya (inner working) guna memajukan perusahaan. Karyawan yang memiliki sifat-sifat compatibility fokus dan berkontribusi pada target perusahaan.

Untuk itu, karyawan harus terus belajar untuk mendapatkan hasil terbaik. Ini tentu diperoleh melalui kinerja yang optimal. Mengaplikasikan hal tersebut, merupakan salah satu ciri karyawan berkualitas.

Baca :Bos Apple Minta Semua Karyawannya Bekerja Sambil Berdiri, Ada Apa?

Bermotivasi tinggi

Karyawan ideal selalu memiiliki stamina untuk melakukan pekerjaan yang luar biasa. Mereka bahkan bisa dan biasa menentukan laju pekerjaan yang dapat ditiru (good influence) bagi rekan sekerja mereka.

Jika ingin mendapat apresiasi dan dihargai atasan, bahkan sesama rekan kerja, jadilah karyawan yang “siap” bekerja maksimal di tempat kerja. Karyawan berintegritas, bakal menjadi yang terbaik sesuai kemampuan yang sudah diimplementasikan di perusahaan.

Sabar dan bekerja keras

Memiliki sikap pantang menyerah dan tidak cepat berputus asa adalah salah satu syarat menjadi karyawan ideal. Bekerja keras sangat penting saat seorang tengah meniti karier. Jangan pernah “bekerja sama” dengan orang yang selalu berpikiran negatif dan mencari-cari kesalahan orang lain. Karyawan harus selalu siap menunaikan dan menuntaskan pekerjaan dengan memiliki tanggung jawab yang tinggi.

Berani dan sabar dalam bekerja dapat membuat seorang karyawan menjadi orang yang dipercaya dalam berbaagai tugas penting.

Fokus pada detail

Terhadap apapun yang dikerjakan, idealnya seorang karyawan harus mengeluarkan kemampuan terbaik. Berinisiatif memastikan semua hal berjalan baik, dan pastikan fokus pada hal-hal kecil yang diabaikan pekerja lain tanpa pamrih.

Baca :Kasihan, 278 Karyawan Tidak Teirma THR, Disnaker Lepas Tangan

Berpikir dan bertindak positif

Karyawan ideal selalu bertanggung jawab pada apapun yang dilakukan, juga berkonstribusi positif bagi perusahaan. Untuk itu, senantiasa berpikir dan bertindak positif. Mengambil inisiatif, memberikan banyak saran dan solusi, serta menyelesaikan berbagai tantangan dalam pekerjaan.

Menjaga hubungan sosial

Karyawan berkualitas mampu menjaga hubungan sosialnya dengan baik, serta memiliki kerja sama positif dengan para karyawan dari divisi lain. Dengan begitu, atasan tidak perlu mengatasi karyawan yang senantiasa bermasalah dengan yang lain.

PenulisWong