Terbang ke AS Pagi Ini, Jokowi Bakal Bertemu Biden Hingga CEO Global

Terkini.id, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), akan terbang ke Amerika Serikat (AS) pada Selasa pagi ini, 10 Mei 2022 untuk menghadiri berbagai agenda, mulai dari pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden hingga konglomerat global.

“Pagi ini saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11-13 Mei,” kata Jokowi dalam konferensi pers, seperti yang dikutip terkini.id dari CNBCIndonesia.com pada Selasa, 10 Mei 2022.

Usai tiba di AS, agenda pertama Jokowi adalah menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus AS-ASEAN atau US-ASEAN Special Summit di Washington DC, selama dua hari.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Gibran Rakabuming Jadi Ketua INASPOC, dr Tifa: Tidak...

Dalam acara tersebut, dikabarkan beberapa pimpinan negara di kawasan ASEAN akan hadir.

Dilansir dari CNBCIndonesia.com, pertemuan tersebut akan dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden, Wapres Kamala Harris, anggota Kongres, dan CEO dari perusahaan ternama dunia.

Baca Juga: Natalius Pigai Kecam Sikap Jokowi terhadap Konflik Rusia-Ukraina, Ruhut: Di...

“RI saat ini memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024,” ujar Jokowi.

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Lutfi.

Sebagai informasi, dilansir dari Kompas.com, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengungkapkan akan ada beberapa isu yang dibahas di KTT Khusus AS-ASEAN ini. Mulai dari penanganan pandemi hingga geopolitik kawasan dan global.

Baca Juga: Natalius Pigai Kecam Sikap Jokowi terhadap Konflik Rusia-Ukraina, Ruhut: Di...

“Pertemuan ini akan membahas penanganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global,” tulis Kemenlu RI di keterangan tertulisnya pada Minggu, 8 Mei 2022.

KTT Khusus ASEAN dan Amerika Serikat ini akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin ASEAN dan Presiden AS sejak tahun 2017. Sebelumnya, Presiden Biden hadir pada KTT ASEAN dengan AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual.

Bagikan