Terlahir Sebagai Pria, 5 Artis Ini Putuskan Ganti Kelamin Jadi Wanita

Artis Transgender
Salah satu artis Indonesia yang memutuskan mengganti kelamin dari pria jadi wanita, Dena Rachman. (foto: wowkeren.com)

Terkini.id – Bukan hal yang mudah untuk menjadi transgender. Sebab, ketidaksamaan identitas gender terhadap jenis kelaminnya yang ditentukan membuat seseorang rela mengubah alat kelaminnya demi mendapat kenyamanan diri.

Hingga saat ini, sudah banyak orang yang melakukan operasi ganti kelamin meski harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Bukan hanya orang biasa, banyak selebritis yang juga memutuskan untuk menjadi transgender. Siapa saja artis-artis tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretannya.

1. Julia Robex

Artis Transgender
Julia Robex. (foto: simaknews.com)

Julia Robex terlahir sebagai seorang laki-laki dengan nama Baby Wijaya Nasroen. Dirinya pun memutuskan untuk operasi transgender.

Saat remaja, Julia menyadari kalau sifatnya lebih feminim. Saat film ‘Mati Dipelukan Janda’ dirilis, sosok Julia Robex langsung jadi pembicaraan.

Transgender berusia 29 tahun ini populer karena dia mendapatkan julukan Ratu Waria dalam film itu. Karena julukannya tersebut, Julia sempat mendapatkan tudingan negatif yang langsung ditanggapinya sebagai upaya untuk menaikkan pamor film.

Berbicara soal sosoknya yang transgender, Julia dikabarkan sudah mendapat persetujuan dari orang tuanya. Meskipun sempat mengalami adu pendapat, hingga pertengkaran, akhirnya Julia memilih jalan jadi transgender.

2. Dorce Gamalama

Artis Transgender
Dorce Gamalama. (foto: winnetnews.com)

Dorce Gamalama terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Sumatra Barat, 21 Juli 1963. Dorce telah berkecimpung dalam profesinya sebagai komedian, pembawa acara, aktris dan musisi.

Saat menginjak usia remaja, Dorce mulai menyadari adanya kecenderungan tertarik pada pria. Hal ini juga dimanfaatkannya melalui penampilannya yang berdandan ala perempuan selama di atas panggung, dan mendapat nama panggilan Dorce Ashadi.

Dalam perjalanannya, Dorce semakin menikmati perannya sebagai seorang perempuan, sehingga dia kemudian memutuskan untuk operasi ganti kelamin di rumah sakit di Surabaya. Walaupun mendapat tentangan dari berbagai pihak, keinginan Dorce terus berjalan.

Sementara nama Gamalama, diperolehnya saat melakukan perjalanan ke Ternate bersama Benyamin Suaeb (Alm), yang mana dirinya melihat gunung Gamalama. Begitu pun setelah melaksanakan ibadah haji, Dorce menambahkan nama Halimatussadiyah.

Saat ini Dorce telah mengadopsi tiga anak, bernama Rizky, Fatimah dan Khadijah. Meski dirinya juga memiliki sejumlah panti asuhan, yang memiliki ribuan anak asuh.

3. Dena Rachman

Artis Transgender
Dena Rachman dipeluk seorang pria. (foto: merdeka.com)

Terlahir dengan nama Renaldy Denada Rachman, model satu ini telah memutuskan untuk mengganti penampilannya. Sejak remaja, Dena memang sudah merasa kalau fisik dan jiwanya mengarah ke perempuan.

Meskipun belum mengoperasi alat kelaminnya, penampilan Dena tidak kalah cantik dengan para model lainnya. Paling menarik dari dirinya dalah beberapa skandal yang menyertainya.

Beberapa waktu lalu Dena terlihat begitu mesra dipeluk seorang pria. Sontak saja foto itu langsung ramai dibicarakan publik. Pria yang memiliki akun bernama @tyargobie ini mengunggah foto sedang memeluk Dena yang tampak memamerkan belahan dadanya.

4. Solena Chaniago

Artis Transgender
Solena Chaniago. (foto: ngopibareng.id)

Solena, penata rambut sekaligus artis ini terlahir sebagai seorang pria. Namun saat berusia 11 tahun, Solena sudah merasa tidak nyaman karena tidak memiliki rasa maskulin dalam dirinya.

Setelah kuliah Solena secara terang-terangan mengenalkan kekasihnya yang berkelamin pria kepada orang tuanya. Dari situlah kedua orang tua Solena menyadari bahwa anaknya memang memiliki rasa suka terhadap lawan jenis.

Dia kemudian dinikahkan paksa selama satu tahun yang dia jalani dengan rasa tersiksa. Karena sering keluar masuk UGD akibat depresi, Solena akhirnya bercerai dengan istrinya dan pergi ke Amerika.

Dengan seluruh keberanian dirinya, Solena menjalani operasi ganti kelamin di Thailand. Hingga kini, Solena sudah menjadi wanita cantik yang lebih percaya diri dengan identitas barunya.

5. Lucinta Luna

Artis Transgender
Lucinta Luna. (foto: Instagram @lucintaluna)

Sejak awal muncul di dunia hiburan, sosok Lucinta Luna selalu jadi perbincangan. Banyak yang menanyakan identitas asli penyanyi dangdut anggota Duo Bunga ini. Pasalnya, ada yang mengatakan Lucinta Luna adalah seorang transgender.

Lucinta Luna juga disebut-sebut sering berganti identitas. Misalnya, Lucinta pernah dikenal dengan nama Cleo Vitri saat menjadi peserta acara Be A Man. Lucinta Luna membantah bahwa Cleo yang dimaksud adalah dia.

Namun, akhirnya akun gosip di Instagram @lambe_turah membeberkan bukti. Akun gosip tersebut mengunggah putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang diduga untuk Lucinta Luna.

Dalam putusan itu dituliskan penetapan pria dengan nama Muhammad Fatah resmi menjadi wanita secara hukum dengan nama Ayluna Putri.

Penetapan tersebut secara sah dibuat pada Oktober 2016. Saat banyak yang mempertanyakan identitas aslinya, Lucinta Luna sempat mengunggah akta kelahirannya di Instagram dan tertulis nama yang serupa, yaitu Ayluna Putri.

Kabar terkait dirinya transgender kerap dibantah oleh Lucinta Luna, meskipun sahabat dekatnya Barbie Kumalasari juga membenarkan bahwa Lucinta sudah pernah melakukan operasi ganti kelamin di Thailand.

Berita Terkait
Komentar
Terkini