Ternyata 13 merek terkenal ini buatan asli Indonesia

Terkini.id – Tidak banyak yang menyangka, merek atau produk-produk buatan Indonesia juga banyak yang mendunia.

Saking dikenalnya, banyak yang menyangka produk-produk tersebut buatan luar negeri. Itu karena menggunakan nama-nama asing supaya terlihat lebih keren.

Terkini.id menghimpun, setidaknya ada 13 merek buatan asli Indonesia tetapi terkenal, dan sering dikira produk luar negeri.

1. Specs

Tahu kan, Specs. Merek sepatu olahraga buatan ini asli Indonesia, made in Tangerang. Specs merupakan produk asli dalam negeri yang diproduksi oleh PT Panarub Industry. Bermula dari memproduksi sepatu untuk joging, Specs kini terus mengembangkan lini bisnisnya di segmen olahraga. Selain sepatu sepakbola, kini ada sepatu futsal, tenis, lari, sampai badminton.

2. League

League mengombinasikan antara olahraga (sport) dan gaya hidup (lifestyle) di dalam setiap produk sepatu yang diproduksinya. Merek Sepatu Olahraga Buatan Indonesia ini hadir di pasaran Indonesia di bawah manajemen perusahaan ritel dan pemasaran Berca Retail Sportindo.

Hadir sejak 2003 dan kini menjadi ikon sepatu olahraga yang digemari banyak anak muda maupun dewasa. Jadi,

3. Eagle

Ternyata 13 merek terkenal ini buatan asli Indonesia

Eagle adalah merek Sepatu olahraga buatan Indonesia yang sudah menjadi leader sejak lama untuk urusan sepatu olahraga. Eagle sudah mewarnai pasar Indonesia sejak tahun 1986

4. J.CO

J.CO Donuts & Coffee berdiri pada tahun 2005 dan sekarang, dan kini sukses mengembangkan usahanya ke berbagai negara di dunia lho.

Desain dan suasana kafe J.CO selalu dikenal lebih modern. Banyak yang mengira jika J.CO adalah salah satu cabang kafe merek luar negeri yang buka cabang di Indonesia. Tapi, sebenarnya J.CO merupakan cafe asli dari Indonesia yang dimiliki oleh Johnny Andrean Group.

5. Buccheri

Buccheri menggunakan bahan yang berkualitas dan model yang menarik. Sehingga itu memberi kesan bahwa produk Buccheri adalah impor. Tetapi, sebenarnya merek fashion sepatu dan tas kulit ini asli Indonesia.

Merek Buccheri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980 silam, oleh PT Vigano Cipta Perdana. Diawali dengan sebuah toko kecil di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat, produk Buccheri sudah punya lebih dari 90 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

6. Polytron

Punya barang elektronik merek Polytron? Harus bangga dong. Itu karena rupanya produk itu juga asli dari Indonesia. Merek elektronik yang mengandalkan kualitas speaker ini pabriknya ada di Semarang dan Kudus.

Polytron sendiri sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan menghasilkan produk-produk elektronik yang berkualitas.

7. Edward Forrer

Brand Indonesia ini juga pernah disangka berasal dari luar negeri. Perusahaan alas kaki dan tas ini berasal dari Indonesia. Nama produknya sesuai nama pendirinya, Edward Forrer.

8. CFC

California Fried Chicken atau CFC adalah sebuah restoran waralaba makanan. CFC dikenal dengan menu spesialnya: ayam goreng.

9. Eiger

Nah, kamu yang suka berpetualang, pasti sudah tidak asing lagi dengan merek ini. Yups, Eiger yang dikenal merek yang terkait alam bebas, selalu diakui karena kualitasnya.

Tas-tas dari Eiger adalah produk yang merajai pasar tas di Indonesia. Pemilik aslinya adalah Ronny Lukito, orang asli dari Indonesia.

10. The Executive

Sebagai produk asli Indonesia, The Executive sudah sukses membuka berbagai cabang di negara-negara Asia seperti Malaysia. Merek ini didirikan oleh Johanes Farial di bawah PT Delami Garment Industries.

11. Polygon

Produk sepeda yang dikenal luas di Indonesia ini adalah banyak dipakai. Produk Polygon mulai dari sepeda mini sampai sepeda gunung. Ternyata semua produk sepeda tersebut di buat di Sidoarjo, Jawa Timur.

Setidaknya sudah ada lebih dari 30 negara yang diekspor oleh Indonesia untuk produk-produk Polygon.

12. Tomkins

Merek sepatu ini bergagam, mulai dari sepatu sekolah, sepatu olahraga, sepatu futsal sampai sepatu bikers pun disediakan oleh produk Tomkins. Mungkin terlihat dari namanya produk ini terkesan milik luar negeri. Namun, Tomkins sebenarnya sungguh merupakan produk asli dari Indonesia yang diproduksi oleh PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk.

13. Lea Jeans

Jeans dengan merek Lea memang cukup terkemuka di Indonesia maupun dunia. Dengan logo dan model iklan berbau Amerika, banyak orang yang mengira jika produk tersebut buatan luar negeri. Lea Jeans sebenarnya produksi asli Indonesia yang dikelola oleh PT. Lea Sanent.

Berita Terkait