Tertarik Island Hopping di Belitung? Simak Itinerary-nya Dulu di Sini

sumber: 100indonesia.net

Terkini.id – Banyak yang bilang, belum ke Belitung kalau belum island hopping alias menyambangi pulau-pulau kecil di Belitung dengan perahu. Kegiatan ini memang wajib dijajal para wisatawan sebab Belitung kaya akan pantai dan pulau-pulau kecil yang memiliki daya tarik unik.

Meski namanya terkesan komersial, island hopping bukan program agen travel. Jadi Anda yang berwisata tanpa agen perjalanan pun tetap dapat mencoba kegiatan satu ini.

Kuncinya, tahu rute perahu motor menuju pulau dan berani menawar harga yang sesuai. Agar lebih jelasnya, yuk simak panduan island hopping di Belitung berikut ini.

Mulai Perjalanan dari Pantai Tanjung Kalayang

Sumber: Tribunnews.com

Untuk memulai kegiatan island hopping di Belitung, sebaiknya Anda mulai perjalanan dari Pantai Tanjung Kalayang. Dari Tanjung Pandan, Anda dapat berkendara selama kurang lebih 1 jam menuju Pantai Tanjung Kalayang.

Di pantai tersebut, Anda dapat menemukan perahu bersandar yang siap mengantar ke sejumlah pulau kecil di Belitung.

Jangan langsung naik, Anda dapat bertanya-tanya dengan pemilik perahu di pantai tersebut soal tarif menuju pulau. Jangan sungkan untuk menawar, apalagi kalau Anda datang dengan kelompok.

Tujuan Pertama Island Hopping: Pulau Kepala Burung

Biasanya, Pulau Kepala Burung jadi tujuan pertama island hopping. Pengunjung biasanya hanya sekadar berfoto dengan latar belakang batu granit yang menyerupai kepala burung dan bermain-main di daerah perairan dangkalnya. Namun, tampaknya kini wilayah Pulau Kepala Burung tidak bisa dimasuki leluasa sebab sedang terjadi sengketa lahan.

Lanjutkan Perjalanan Menuju Pulau Batu Berlayar

Jika tidak diizinkan untuk bersandar di Pulau Kepala Burung, perjalanan kembali dilanjutkan ke Pulau Batu Berlayar. Di sini, terdapat batu granit yang menyerupai perahu yang tengah berlayar. Sama seperti pantai di Belitung pada umumnya, pulau ini juga dihiasi bebatuan granit raksasa yang cantik.

Melihat Keajaiban Pulau Pasir

Selepas dari Pulau Batu Berlayar, perjalanan dilanjutkan ke Pulau Pasir. Pulau ini memiliki wilayah daratan yang luas dan didominasi pasir putih, karena itu dinamakan Pulau Pasir. Sewaktu-waktu, air laut di pulau ini surut.

Pengunjung pun dianjurkan untuk mengunjungi pulau ini sebelum sore, agar dapat melihat air laut sebelum surut.

Pulau Lengkuas, Tujuan Favorit Island Hopping

Pulau Lengkuas memiliki mercusuar yang menjadi ikon wisata Belitung. Anda pun dapat menaiki mercusuar untuk melihat pemandangan Pulau Lengkuas dari ketinggian. Di pulau ini juga terdapat spot cantik untuk snorkeling.

Istirahat di Pulau Gede Kepayang

Setelah lelah bermain di pulau-pulau sebelumnya, kini saatnya istirahat sembari bersantap di Pulau Gede Kepayang. Di pulau ini terdapat deretan rumah makan yang menyajikan menu boga bahari. Pengunjung pun dapat menikmati teh dan kopi secara gratis.

Akhiri Perjalanan di Pantai Tanjung Tinggi

sumber: 100indonesia.net

Pantai Tanjung Tinggi jadi tujuan island hopping terakhir. Pantai yang dijuluki pula dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi ini memiliki deretan bebatuan granit raksasa dengan formasi menakjubkan. Di sini, Anda pun dapat menutup perjalanan sambil menyaksikan panorama matahari terbenam yang luar biasa indahnya.

Bagaimana, tertarik mencoba island hopping di Belitung? Segera ajak keluarga atau teman-teman Anda untuk berpetualang di negeri Laskar Pelangi. Siapkan kebutuhan perjalanan, mulai dari tiket pesawat sampai perbekalan dari jauh-jauh hari.

Untuk memesan tiket pesawat ke Belitung dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi situs Airy. Di sini Anda akan memperoleh informasi seputar harga tiket pesawat Citilink murah ke Belitung. Proses pemesanan berbasis online akan memudahkan Anda untuk booking tiket di mana saja dan kapan saja.

Lengkapi perjalanan wisata Anda dengan Airy, solusi budget travel terbaik.

Berita Terkait