Terungkap 4 Fakta Menarik Tim Yang Lolos Ke Babak 16 Besar Piala Dunia

Tim Eropa di Fase gugur/Fifa
Tim Eropa di Fase gugur/Fifa

Terkini.id – Babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 Rusia akhirnya berakhir pada Jumat, 29 Juni 2018 dini hari. Jepang menjadi tim terakhir yang berhasil meraih tiket ke babak gugur 16 besar meski kalah dari Polandia.

Pertandingan babak 16 besar akan di buka oleh laga antara Prancis menghadapi Argentina, Sabtu, 30 Juni 2018. Namun sebelum menyaksikan laga babak 16 besar, terdapat beberapa fakta menarik tentang tim yang berhasil lolos ke babak tersebut.

Dilansir dri idn times, berikut 4 fakta menarik tentang 16 tim yang melaju ke fase gugur.

Jepang Wakil Asia Satu-satunya

Jepang Satu-satunya wakil asia /fifa
Jepang Satu-satunya wakil asia /fifa

Dari 16 tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar, Jepang menjadi satu-satunya wakil yang berasal dari Benua Asia. Jepang lolos ke babak 16 besar usai menempati posisi 2 klasemen akhir grup H dibawah Kolombia yang menjadi juara grup.

Jepang mengumpulkan 4 poin dari 3 laga. Menang menghadapi Kolombia di laga perdana, imbang dengan Senegal pada laga kedua dan kalah oleh Polandia pada laga pamungkas. Jepang sendiri lolos secara dramatis seterah perolehan poin mereka sama dengan Senegal, bahkan jumlah gold an gol kemasukan pun sama.

Namun Jepang berhak berada diatas Senegal melalui aturan fairplay FIFA. Shinji Kagawa cs lolos setelah hanya mengoleksi 4 kartu kuning dalam 3 laga sementara dengan jumlah laga yang sama Senegal mengoleksi 6 kartu kuning.

Eropa Dominan dengan 10 wakil di babak 16 besar

Tim Eropa di Fase gugur/Fifa
Tim Eropa di Fase gugur/Fifa

Pada Piala Dunia edisi kali ini, Eropa berhasil mendominasi sebagai benua dengan perwakilan terbanyak di babak 16 besar yakni 10 tim. Mereka adalah Rusia, Portugal, Prancis, Belgia, Spanyol, Kroasia, Denmark, Swiss, Swedia dan Inggris. Sementara 6 tim lainnya adalah Brasil, Uruguay, Kolombia dan Argentina mewakili Amerika Latin, Meksiko mewakili Amerika Utara dan Jepang dari Asia.

Hal ini tidak terlepas dari kuota tim Eropa yang cukup banyak di Piala Dunia yakni 14 tim. Meski begitu, edisi kali ini Eropa memang meningkat setelah Piala Dunia 2014 lalu hanya mampu mengirim 6 tim ke babak 16 besar.

Uruguay satu-satunya tim yang belum kebobolan

Uruguay/fifa
Uruguay/fifa

Hadir sebagai tim kuda hitam, Uruguay justru tampil sempurna pada penyisihan Grup. Tergabung bersama tuan rumah Rusia, Mesir dan Arab Saudi di grup A, Uruguay berhasil menyapu bersih 3 laga dengan kemenangan alias meraih poin sempurna.

Tidak sampai disitu, kejutan lainnya adalah Uruguay menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan gol di Piala Dunia 2018 meski baru mencetak 5 gol dari 3 laga yang telah dilakoni. Uruguay menang 1-0 atas Mesir pada laga perdana, mengalahkan Arab Saudi dengan skor yang sama dan membantai tuan rumah Rusia 3-0 pada laga ketiga.

Hanya 3 Tim yang Raih Poin Sempurna

Penyisihan fase grup resmi usai, 16 tim berhasil lolos ke babak gugur. Dari semua tim yang berhasil mendapatkan tiket babak gugur, ternyata hanya ada 3 tim yang berhasil meraih poin sempurna. Mereka adalah Uruguay sebagai juara grup A, Kroasia sebagai juara grup D dan Belgia sebagai juara grup G.

Dari tiga tim tersebut, Belgia menjadi tim dengan produktifitas gol tertinggi. Total 9 gol dicetak oleh tim berjuluk Red Devil tersebut dalam 3 laga penyisihan grup termasuk ketika menang besar 6-2 atas Tunisia pada laga kedua.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Sadio Mane Rajin Baca Alquran untuk Almarhum Ayahnya

UEFA Beberkan Skenario Liverpool Juara Liga Inggris

Corona di Italia: Paolo Maldini dan Dybala Juventus Positif Terinfeksi

Pelatih Bola Termuda Spanyol Meninggal di Usia 21 Tahun karena Corona

Penyerang Chelsea Hudson-Odoi Positif Corona, Seluruh Pemain Utama Diisolasi

Banyak Pemain Dikarantina karena Corona, Liga Champions Disetop Sementara

Rugani Positif Corona, Ronaldo dan Semua Pemain Juventus Dikarantina

Demi Bebaskan Ronaldinho dari Penjara, Messi Sewa Pengacara dan Siap Bayar Rp 64,7 M

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar