Terungkap, Makassar penghasil terigu terbesar ke-4 dunia

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
PT. Eastern Pearl Flour Mills, produsen terigu yang memproduksi merek-merek ternama seperti Kompas, Gerbang, Gatot Kaca dan Teko Merah

Terkini.id, Makassar – Tidak banyak yang mengetahui bahwa Makassar memiliki pabrik penggilingan terigu terbesar ke-4 di dunia. Pabrik ini dimiliki oleh PT. Eastern Pearl Flour Mills, produsen terigu yang memproduksi merek-merek ternama seperti Kompas, Gerbang, Gatot Kaca dan Teko Merah.

Ingin belajar dari yang terbaik, mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa mengunjungi pabrik terigu dengan kapasitas penggilingan 2.800 metrik ton per hari.

“Banyak hal yang dapat kita pelajari di pabrik ini. Tapi, kunjungan kali ini kami fokus pada penggunaaan motor listrik pada pabriknya,” ujar Abdul Rofiq, salah satu mahasiswa yang mengikuti kunjungan, dalam rilisnya kepada Makassar Terkini, Rabu 2 Mei 2018.

Setiap tahun Prodi Listrik melakukan kunjungan ke berbagai industri yang relevan dengan bidang listrik untuk memastikan bahwa mahasiswa menerima ilmu yang seimbang antara teori dan praktik di lapangan.

Kesenjangan antara teori dan praktik yang sering terjadi dapat membuat mahasiswa menjadi tidak ppercaya diri saat terjun ke lapangan.

Akhyar Muchtar, S.Pd, M.T., Ketua Prodi Listrik menyatakan bahwa Prodi Listrik menganut nilai yang juga dianut secara umum oleh Politeknik Bosowa yaitu Industrial Based Education. Salah satu ciri utama pendidikan berbasis industri adalah relevansinya kurikulum pendidikannya dengan industri. Melalui kunjungan industri ini, mahasiswa sedang diperkenalkan implementasi dari teori yang dipelajari sehari-hari.

Mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa mengunjungi pabrik terigu dengan kapasitas penggilingan 2.800 metrik ton

Puluhan mahasiswa dan dosen yang hadir diajak berkeliling oleh Muhammad Hatta, bagian Produksi dari PT. Eastern Pearl Flour Mills. Setelah sosialisasi mengenai standar K3L (Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan) perusahaan, peserta kunjungan dibawa ke bagian Penampungan atau unloaading yang berisi gandum siap olah. Bagian penampungan ini merupakan gedung dengan ketinggian setara 13 lantai.

Selanjutnya, peserta kunjungan menyaksikan proses pengakayan atau milling. Proses milling ini menghasilkan tepung terigu, tepung industri, pollard, dan bran. Kunjungan dilanjutkan di Control Room.

Di ruangan ini, peserta diajak untuk melihat bagaimana keseluruhan pabrik dikontrol. Ukuran pabrik yang cukup besar mengharuskan perusahaan ini memiliki kontrol yang baik untuk memastikan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Usai kunjungan ke Control Room, peserta melanjutkan ke bagian Packing. Di sini, terigu yang telah diolah dikemas berdasarkan merek-merek yang dimiliki oleh perusahaan yang memiliki pelabuhan sendiri ini.

Di akhir kunjungan, Prodi Listrik Politeknik Bosowa memberikan cindera mata berupa plakat kepada PT. Easter Pearl Flour Mills.

Jurnalis Warga : Nila Sartika Achmadi

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Akibat Informasi Hoax di Facebook dan Whatsapp Warga Memburu Bahan Pangan untuk Beberapa Hari

Antisipasi Corona, Peserta Seleksi Penerimaan Anggota Polri 2020, Polda Sulsel Laksanakan Verifikasi Online

Jokowi Tegaskan Penetapan Status PSBB di Daerah Harus Hati-hati

Peduli Wabah Corona, Kerukunan Keluarga Bone Bagikan 690 Masker Gratis

Ada Apa, Seorang Pemuda di Amankan Unit Opsnal  Polres Gowa

YBM PLN Tetap Bantu UMKM Masyarakat di Tengah Wabah Covid-19 Bersama IZI Sulsel

UNM Berikan Keringanan Bagi Mahasiswanya Ditengah Pembelajaran Daring

Pemuda Malangke Lakukan Aksi Penyemprotan di Setiap Wilayah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar