Terus Bertambah, Jumlah Pasien Sembuh Corona di Indonesia Kini Jadi 134 Orang

Pasien Sembuh
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto

Terkini.id, Jakarta – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kembali mengumumkan penambahan pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona yakni sebanyak 134 orang.

Angka tersebut bertambah setelah sehari sebelumnya, Kamis, 2 April 2020, pemerintah mengumumkan adanya 112 pasien yang dinyatakan sembuh.

Hal itu diungkapkan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penangguangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat, 3 April 2020.

Adapun penambahan kasus positif per Jumat hari ini bertambah sebanyak 196 sehingga total menjadi 1.986 dan jumlah yang meninggal dunia mencapai 181 orang.

Yuri mengatakan, data hasil penambahan tersebut didapatkan lewat pemeriksaan melalui laboratorium yang dilakukan pemerintah setelah memeriksa 7.924 spesimen Covid-19 dari 32 Provinsi, termasuk di dalamnya 120 kabupaten/kota.

Menarik untuk Anda:

Berdasarkan data pihaknya, DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah pasien positif terbanyak, yaitu 971 jiwa per 3 April.

Setelah DKI, terdapat Banten dengan 170 pasien positif, Jawa Barat dengan 225 pasien, Jawa Timur dengan 155 pasien, dan Jawa Tengah 114 pasien.

Pada kesempatan itu, Yuri juga menjelaskan bahwa pemeriksaan melalui laboratorium menjadi salah satu kunci di dalam pemutusan rantai penularan Covid-19 dengan menemukan kasus baru di tengah masyarakat, sehingga pemerintah dapat melakukan pencegahan secara maksimal.

Selain itu, kata Yuri, pemerintah juga tengah mengaktifkan beberapa alat diagnostik yang semula dipakai untuk pemeriksaan TBC, yang ternyata secara teknologi bisa dikonversi untuk digunakan dalam pemeriksaan Covid-19.

“Ini cukup banyak jumlahnya dan tersebar di seluruh wilayah tanah air, namun masih diperlukan beberapa konversi dari mesin dan kemudian beberapa setting. Kita akan bekerja keras untuk mengejar ini semua,” ujar Yuri.

Diketahui, saat ini sudah ada 48 laboratorium Covid-19 yang beroperasi dengan kapasitas masing-masing. Pemerintah juga tengah berupaya untuk menambah laboratorium tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Selain Kritik Keras Menag, Anggota DPR Ini Nilai Terawan Harus Dicopot dari Menkes

Heboh Biaya Tambal Ban di Bengkel Banyuwangi Senilai Rp 600 Ribu

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar