Tes GeNose Siswa SMP di Makassar, Hasilnya Akurat?

Terkini.id, Makassar – Secara serentak Pemerintah Kota Makassar melakukan tes GeNose terhadap 28 SMP. Hasilnya, beberapa siswa yang melakukan tes dinyatakan positif, lalu pada pemeriksaan selanjutnya berubah jadi negatif.

Adapun 28 SMP yang melakukan tes GeNose adalah mereka yang menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas gelombang pertama. 

“Kita pantau di tiga sekolah yang kita datangi, di sekolah pertama ada satu yang positif. Kita suruh break 30 menit, kumur-kumur, lalu meniup lagi. Alhamdulillah hasilnya negatif karena memang positif rate-nya lemah, makanya diulang,” kata Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Senin, 1 November 2021.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Kota Makassar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

GeNose, kata dia, untuk mengecek status kesehatan siswa. Pemerintah kota memiliki alat GeNose sebanyak 157 unit. Ia mengatakan telah memantau 3 SMP.

“Kita pantau di tiga sekolah yang kita datangi, di sekolah pertama ada satu yang positif. Kita suruh break 30 menit, kumur-kumur, lalu meniup lagi. Alhamdulillah hasilnya negatif karena memang positif rate-nya lemah, makanya diulang,” tuturnya.

Baca Juga: Soal Tantangan Lorong Wisata di Makassar, Dosen Ekonomi Unhas: Pembangunan...

Menurutnya, penggunaan GeNose sudah memiliki SOP yang jelas, petunjuk teknis, dan memiliki sensitivitas.

“Jadi kemungkinan erornya itu karena anak yang tadi ditanya baru selesai makan. Di sekolah kedua Alhamdulillah tidak ada,” kata Fatma.

Sementara di sekolah ketiga, Fatma juga menemukan siswa yang positif melalui pemeriksaan GeNose. Setelah melakukan tes ulang hasilnya berubah jadi negatif.

Baca Juga: Soal Tantangan Lorong Wisata di Makassar, Dosen Ekonomi Unhas: Pembangunan...

“Di sekolah ketiga, ada juga positif, langsung kita suruh meniup lagi, Alhamdulillah hasilnya negatif. Saya merasa screening angkatan pertama PTM ini sukses,” kata dia.

1 2 3
Selanjutnya
Bagikan