Tetap Bugar Meski Berpuasa, Beberapa Tips Ini Bisa Dilakukan

minum air
Ilustrasi minum air putih. (foto: bustle.com)

Terkini.id, – Berpuasa tidak menjadi alasan untuk tidak mempertahankan tubuh tetap bugar dan fit. Sebaliknya dengan berpuasa dibulan Ramadan memberikan kesempatan buat tubuh melakukan proses pembuangan zat-zat beracun di dalam tubuh secara alami sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bersih.

Untuk memaksimalkan proses detoksifikasi di dalam tubuh perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat selama berpuasa. Memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Jangan sampai dengan berpuasa tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Untuk mengantisipasinya beberapa tips di bawah ini bisa membantu kita mempertahankan tubuh tetap bugar dan sehat selama menjalani bulan Ramadan.

Dilansir dari Hellosehat, tips berikut bisa membantu Anda menjalankan puasa dengan tubuh tetap sehat dan bugar.

1. Sahur sebagai saarapan pagi wajib, jangan dilewatkan
Untuk mempertahankan tubuh tetap fit dan bugar saat puasa adalah jangan pernah lewatkan sahur. Makan pagi saat sahur akan membantu tubuh sehari penuh mempertahankan energinya.

Namun perlu diperhatikan asupan nutrisi seimbang saat sahur dengan memastikan makanan yang kita makan di pagi hari mengandung karbohidrat kompleks, serat dan protein. Konsumsilah makanan seperti beras merah, gandum, oat yang membuat rasa kenyang lebih lama.

Jangan lupa menambahkan makanan yang mengandung serat seperti sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan yang kaya serat seperti papaya dan pisang. Untuk protein bisa diperoleh dari telur, keju, yoghurt dan daging rendah lemak yang bisa membantu menambah energi sepanjang hari.

2. Minumlah air putih minimal 2 liter perhari
Tubuh kita terdiri dari sebagian besar air sehingga saat berpuasa akan banyak terbuang cairan dalam tubuh. Untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, minum ari putih minimal 8 gelas perhari sangat disarankan. Tubuh akan tetap terhidrasi selama puasa sehingga tidak mengalami dehidrasi dan membuat tubuh menjadi lemah.

Air putih
Ilustrasi minum air putih

Selama berpuasa sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein karena akan membuat tubuh akan lebih sering buang air kecil. Efeknya cairan dalam tubuh cepat hilang dan tubuh bisa mengalami dehidrasi selama puasa.

3. Makan secukupnya ketika sahur dan berbuka puasa
Selama bulan Ramadan, saat berbuka puasa adalah waktu yang dinanti setiap orang. Banyak orang merasa telah berpuasa sehingga melampiaskan makan sepuasnya saat berbuka. Efeknya terhadap pencernaan tubuh menjadi tidak baik, perut mudah menjadi kembung dan begah sehingga tubuh menjadi tidak nyaman. Sebaiknya berbuka puasa dengan makan secukupnya.

Makanan berserat sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa.

Pastikan saat berbuka makan dengan cara bertahap, berbukalah dengan makanan ringan seperti salad buah, es buah, kurma dan air putih. Beri kesempatan tubuh bereaksi dengan makanan ringan beberapa jam kemudian barulah makan nasi, laukpauk, sayur dan buah lainnya.

4. Kurangi makanan berminyak dan minuman yang manis-manis.
Selama berpuasa sebaiknya jangan tergoda dengan makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak. Jenis makanan ini akan sangat mudah meningkatkan risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh.

Demikian juga dengan makanan dan minuman yang manis perlu diperhatikan asupannya supaya tidak makan berlebih. Makanan dan minuman yang manis bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan berefek pada fungsi kerja pankreas dan bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes.

5. Tidur yang cukup di malam hari
Pola tidur saat bulan Ramadan akan mengalami perubahan bagi sebagian besar orang karena aktivitas yang panjang di malam hari. Ibadah Tarawih dan makan bersama keluarga dan waktu sahur di pagi hari akan membuat ritme tubuh berubah di saat puasa.
[caption id="attachment_26593" align="alignnone" width="2000"] Tidur yang cukup di malam hari bisa membuat tubuh tetap bugar meski berpuasa

Selain memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, perlu juga memperhatikan pola tidur. Jangan sampai kekurangan waktu tidur dan menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mengantuk saat berpuasa di siang hari. Aturlah pola tidur selama Ramadan dan pastikan tubuh memiliki cukup istirahat di malam hari. Jangan biasakan begadang sesudah sholat Tarawih. Tubuh yang kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak saat melakukan aktivitas di siang hari ketika berpuasa.

6. Tetap lakukan olahraga ringan meski berpuasa
Aktivitas fisik seperti olahraga dengan intensitas ringan setelah berbuka puasa akan membantu tubuh terpenuhi asupan energinya. Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, jogging bisa jadi pilihan untuk dilakukan demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama berpuasa.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Sembuhkan Sakit Flu dengan Obat Alami Ini

Terkini.id, - Memasuki bulan puasa, kondisi tubuh yang tidak terlalu fit mudah sekali terkena sakit flu. Tubuh menjadi tidak nyaman dan pekerjaanpun terganggu. Dalam