Tiga Kabupaten di Sulsel dapat bantuan hibah PLTS

Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid menandatangani penyerahan bantuan hibah Barang Milik Negara dari EBTKE, di Hotel Clarion Makassar, Kamis 8 Februari 2018. /Nasruddin

TERKINI.id — Tiga Kabupaten di Sulsel mendapatkan bantuan hibah Barang Milik Negara (BMN) dari Kementerian ESDM berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Tiga Kabupaten yang mendapatkan bantuan hibah yaitu, Kabupaten Pangkep dapat 8 unit PLTS total nilai barang Rp42,5 miliar, Takalar 2 unit PLTS total nilai barang Rp6,9 miliar dan Selayar 5 PLTS total Rp22,7 milliar.

Dirjen Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana menyerahkan secara langsung bantuan hibah tersebut di sebuah acara di Hotel Clarion Makassar, Kamis 8 Februari 2018.

Selain tiga daerah di Sulsel, pada acara itu, ada 27 Kabupaten/kota lainnya dari 19 provinsi juga mendapatkan bantuan hibah, total nilai aset keseluruhan sebesar Rp343,50 miliar dengan jumlah 654 unit yang terdiri dari 474 PJU, 125 uit lampu LED Retrofit, 7 unit PLTMH, 45 unit PLTS, 1 unit PLT Hybrid, 1 unit PLT Pome dan Badan Geologi sebanyak 44 unit sumur bor senilai Rp16,48 miliar.

“Ketika BMN diserahkan ke pemerintah daerah tolong dijaga dan dirawat dengan cara menggunakan APBD,” ujar Rida dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid mengatakan, delapan unit PLTS yang telah diserahkan ke Pemda Pangkep, semuanya berada di wilayah kepulauan. Menurutnya, satu unit PLTS mampu menghasilkan listrik 30 sampai 100 KWp.

“Setelah Pemda menerima bantuan itu, kami akan serahkan ke pengelola,” kata Syamsuddin Hamid.

Berita Terkait
Komentar
Terkini