Tiga Sandera Abu Sayyaf Asal Bulukumba dan Selayar Akhirnya Dibebaskan

Sandera Abu Sayyaf
Tiga WNI Sandera Abu Sayyaf akhirnya dibebaskan. (foto: Metro TV)

Terkini.id – Tiga WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf sejak tahun 2017 lalu dikabarkan telah dibebaskan hari Sabtu, 15 September 2018, kemarin.

Ketiganya merupakan warga Sulawesi Selatan dimana satu di antaranya adalah Subandi, warga Liukang Loe, Kecamatan Bontobahari Bulukumba. Dua sandera lainnya yakni Hamdan dan Suparling, warga Pulau Pende, Kabupaten Selayar.

Dilansir dari Metro TV, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, mengkonfirmasi bahwa tiga WNI yang disandera pihak Abu Sayyaf telah dibebaskan.

Proses pembebasan ketiga sandera ini, kata Iqbal, untuk sementara waktu belum bisa dirilis dulu, hingga kondisi ketiga korban sandera benar-benar aman dan tiba di Indonesia dengan selamat.

“Berdasarkan informasi BIN di lapangan prosesnya masih berlangsung jadi kita akan tunggu hingga prosesnya aman,” jelasnya.

Iqbal juga mengatakan telah memberi tahu berita pembebasan tersebut kepada pihak keluarganya. Kondisi para korban sandera saat ini dalam kondisi sehat, namun tetap dibutuhkan pemulihan untuk kondisi kejiwaannya.

“Mereka di sandera sejak Januari 2017, atau sekitar satu tahun 8 bulan dan itu waktu yang lama buat mereka,” ujarnya.

Baca :Keluarga Korban Sandera Militan Abu Sayyaf Histeris Dengar Kerabatnya Akan Dibebaskan

Jadwal kepulangan ketiga korban sandera ke Indonesia untuk saat ini masih dirahasiakan, guna menjaga keselamatan para korban.