Tiket Pesawat Naik Picu Inflasi di Sulsel

tiket pesawat
Ilustrasi pesawat

Terkini.id, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, salah satu pemicu inflasi Maret 2019 adalah kenaikan harga dari kelompok pengeluaran sektor transportasi komunikasi dan jasa keuangan.

Secara nasional, angka inflasi mencapai 0,11% pada Maret 2019. Harga tiket pesawat atau angkutan udara menjadi salah satu kontributor inflasi tersebut.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan sejumlah wilayah mencatatkan inflasi yang tinggi akibat angkutan udara atau tiket pesawat yang masih mahal.

“Biasanya angkutan udara ini ada Januari, tapi ternyata masih ada juga di Februari, kemudian sampai Maret juga masih terasa 0,03%,” jelas dia.

Rupanya, kenaikan harga itu terjadi karena tingginya tiket pesawat pada Maret. Oleh karena itu, Suhariyanto pun mengharapkan kebijakan baru terkait harga tiket pesawat bisa efektif.

“Mudah-mudahan dengan kebijakan tersebut bulan depan harga bisa stabil,” jelasnya.

Inflasi di Makassar

Khusus di Sulsel, BPS juga mencatatkan terjadinya inflasi di Provinsi Sulawesi Selatan di bulan Maret 2019 ini.

Inflasi di Sulsel mengalami peningkatan dan pada Maret ini sebesar 0,22 persen (month-to-month/mtm)

Penyebab utama inflasi yang terjadi di Sulsel pada Maret 2019 ini disebabkan oleh naiknya harga pada enam kelompok pengeluaran yang ditunjukan oleh naiknya indeks harga konsumen (IHK).

Meliputi kelompok kesehatan sebagai penyumbang tersebut dengan angka 0,83 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 0,75 persen dan kelompok sandang 0,50 persen.

Kemudian kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,33 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,10 persen.

Serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,10 persen.

Menariknya kelompok kesehatan yang menjadi penyumbang terbesar terjadinya inflasi di Sulsel diakibatkan oleh naiknya harga barang kesehatan maupun kosmetik.

Inflasi Sulsel pada Februari

Angka tersebut terlihat jauh berbeda jika dibanginkan dengan inflasi pada Februari.

Pada Februari, BPS mencatat Sulsel justru mengalami deflasi 0,19 persen dua kelompok pengeluaran mengalami penurunan harga yakni bahan makanan (1,00%); dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan (0,43%).

Berita Terkait
Komentar
Terkini