Tim Anonymous Unhas Raih Juara 1 Lomba Perencanaan Jembatan Inovatif

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa Departemen Teknik Sipil Unhas kembali menorehkan prestasi pada kompetisi ‘Studi Kasus Perencanaan Jembatan yang Efisien dan Inovatif’ Civil Expo 2021 yang diselenggarakan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus Makassar pada 24-29 April 2021.

Tim Anonymous Unhas meraih juara 1 setelah merancang  jembatan  yang efektif dan efisien. Penggunaan bahan, design, biaya serta perhitungan yang tepat adalah poin utama terciptanya jembatan yang efisien dan inovatif.

Tim Anonymous Unhas yang diketuai oleh Teguh Priono (Teknik Sipil 2016) dengan anggota Muhammad Syakur Asyurah (Teknik Sipil 2017), Nur Fikri RA (Teknik Sipil 2018), Hari Anggara (Teknik Sipil 2018), Junaedi Kala (Teknik Sipil 2019) dan Muh. Agung Budiman (Teknik Sipil 2019) berhasil membawa pulang peringkat pertama pada event Civil Expo 2021 dalam rancangannya ‘a Great Bridge’.

Baca Juga: Diikuti Ribuan Alumni, EMU 2020-2021 IKA Teknik Unhas Sukses Digelar...

Hal itu tentu tidak lepas dari kerja keras serta perjalanan panjang yang dilakoni seluruh anggota tim.

Disampaikan Teguh Priono, kompetisi ini terdiri dari 2 tahap yaitu penyelesaian soal dan presentasi. Tahap pertama dilaksanakan pada 24-28 April 2021 dengan mekanisme pengumpulan proposal yang dilanjutkan pada tahap presentasi yang diikuti oleh 9 tim.

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas Gelar Webinar Nasional Marketing 101

“Finalis diminta menyelesaikan soal studi kasus yang akan dibuatkan perancangan nantinya dimana dilanjutkan dengan presentasi jembatan yang telah dibuat. Dari situ kami mencoba membuat jembatan kelas A sesuai dengan ketentuan lomba,” imbuhnya.

Ketua Departemen Teknik Sipil, Prof. Wihardi Tjaronge menyambut bahagia dan bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa sipil. 

Menurutnya, hal itu dapat menjadi modal awal bagi mereka untuk berkompetisi di level nasional, khususnya di ajang Kontes Jembatan Indonesia (KJI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek.

Baca Juga: Unhas Masuk Deretan Kampus Kelas Dunia, Ikatan Alumni: Selamat untuk...

Prof. Wihardi berharap mahasiswa yang lain dapat termotivasi atas prestasi tersebut, dan terus berkompetisi untuk menorehkan prestasi, baik di level regonal, nasional bahkan internasional.

Bagikan