Tim Evaluasi Kemenpan RB Kunjungi RSUD Parepare

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, mendapat kunjungan tim evaluasi kinerja pelayanan publik, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia. Selasa 28 Agustus 2018.

Terkini.id, Parepare – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, mendapat kunjungan  tim evaluasi kinerja pelayanan publik, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, Selasa 28 Agustus 2018.

Tim evaluasi yang terdiri dari dua orang ini, disambut Plt Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Renny Anggraeny Sari. Sejumlah jajaran menagemen pun turut hadir.

Di hadapan tim evaluasi, Renny memaparkan sejumlah inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh pihak menagemen Rumah sakit tersebut.

“Kita presentasi sistem pelayanan yang kami terapkan selama ini,” ucap Renny.

Adapun inovasinya, yaitu penyediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang sistem pelayanan kesehatan. Infrastruktur, dan pengadaan peralatan medis juga menjadi hal yang menurutnya mampu meningkatkan kualitas sistem pelayanan.

“Kita punya mobil sehat yang dikhususkan bagi warga kurang mampu. Ada layananan hemodealisa, dan kami juga buka pendaftaran online bagi pasien, itu untuk memotong jumlah antrian. Kita juga punya ruang bacaan dan tempat khusus anak bermain,” urai Renny.

Selain inovasi, Renny juga mengungkap sejumlah prestasi yang telah dicapai menagemen Rumah Sakit rujukan tersebut.

“Ya. Kami sudah terkareditasi sebagai rumah sakit tingkat Madya Tahun 2017.  Kita juga ditetapkan sebagai rumah sakit pemeriksaan narkoba bagi Caleg. Kami juga membantu pemerintah dalam meraih penghargaan WTP tiga kali berturut turut,” terang Renny.

Meski begitu, Renny mengakui masih terdapat kekurangan di Rumah Sakit tersebut. Sistem pelayanan masih perlu peningkatan agar lebih maksimal.

“Kita masih banyak kekurangan namun tidak menjadi halangan bagi kami untuk lebih baik kedepan,” tandas Renny.

Rezki Amalia, tim evaluasi dati Kemenpan RB, mengungkapkan,  pihakmya hadir dalam mengevaluasi sistem pelayanan publik di sejumlah intansi pemerintah.

“Kta nilai dari aspek apakah pelayanan sudah memuaskan masyarakat atau tidak. Kami juga lihat implementasi  kebijakan terkait pelayanan publik,” kata dia.

Dia mengungkapkan,  pihaknya sudah melakukan evaluasi ke 4 kalinya di 10 Kab/Kota di Sulawesi Selatan. Indikator dan Range nilai evaluasi pelayanan publik, kata dia, menggunakan indeks pelayanan publik.

“Ya. Indikatornya hasil persilangan antara Aspek dan prinsip. Ada kategori hasil evaluasi. Ada juga penilaian langsung dari masyarakat melalui formulir, beberapa indikator dalam format tersebut. Bobot aspek, sarana dan prasarana, Inovasi,  pelayanan publik jadi penilaian juga,” ungkap Rezki Amalia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Dua Pimpinan DPRD Parepare Resmi Dilantik

Terkini.id,Parepare - Dua unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare masa jabatan 2019 - 2024 resmi dilantik di ruang Paripurna, Rabu 9 Oktober