Tim Komisi V DPR RI Kunjungi Lokasi Kandasnya KM Lestari, Ini yang Dilakukan

Komisi V DPR RI
Tim Komisi V DPR RI Kunjungi Lokasi Kandasnya KM Lestari

Terkini.id, Selayar – Tim komisi V DPR RI mengunjungi lokasi kandasnya KMP Lestari Maju di Pantai Pabadilang, Kecamatan Bontomatene, Kepulauan Selayar, Sulsel, Rabu, 11 Juli 2018.

Didampingi Bupati Selayar, Muh Basli Ali, kunjungan ini iuga dihadiri Kadishub Selayar, Andi Baso, Syahbandar Selayar, Hasbullah, Wakapolres,  Kompol Syamsuddin, serta undangan lainnya.

Ketua tim yang juga Wakil Ketua komisi V DPR RI, H Ibnu Munzir mengatakan bahwa kejadian kandasnya KMP Lestari diduga akibat dari konstruksi kapal yang tidak cocok untuk penumpang.

Barang yang dimuat dengan posisi dinding terbuka sangat rawan untuk kemasukan air.

“Apalagi di Selayar terkenal ombak tinggi dan besar. Air yang masuk dan membuat kendaraan yang ada di dalam susah untuk keluar, karena memang desainnya seperti itu,” jelasnya.

Ibnu Munzir : Kalau perlu perusahaan KMP Lestari Maju tidak usah lagi beroperasi

Ibnu Munzir juga mengaku mendapat data dari KNKT bahwa tidak ada kebocoran kapal.

“Kalau dihantam ombak besar, mobil-mobil di kapal ini bisa memukul dinding yang menyebabkan kebocoran, apalagi data yang kita dapat dari  KNKT bahwa tidak ada kebocoran dari awal,” tuturnya.

Baca :Beredar Foto Diduga Uang Bank BPD Mengapung di Laut, Irmayanti : Hoax Itu

Wakil Ketua Komisi V ini juga mengatakan, untuk sisi adminitrasif dan sisi hukum, kasus kecelakaan yang sudah terjadi pasti ada pertanggungjawaban hukumnya, apalagi ada korban jiwa, dan semuanya diserahkan kepada pihak berwajib.

“Untuk administrasinya saya kira itu dengan instruksi Menteri terkait pelarangan, dan itu perhatian utama juga untuk pihak Kementerian memberikan sanksi, kalau perlu perusahaan ini tidak usah lagi beroperasi,” kata Ibnu Munzir.