Tingkatkan Budaya Literasi, Pj Wali Kota Iqbal Luncurkan Layanan Pemustaka

Pj Wali Kota
Dalam upaya meningkatkan budaya literasi di Kota Daeng, Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb meluncurkan layanan Khusus Pemustaka (Kusuka)

Terkini.id, Makassar – Dalam upaya meningkatkan budaya literasi di Kota Daeng, Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb meluncurkan layanan Khusus Pemustaka (Kusuka) milik Dinas Perpustakaan Kota Makassar di Anjungan Pantai Losari, Minggu, 14 Juli 2019.

Kusuka adalah program terapan Perpustakaan Umum Kota Makassar sebagai layanan inklusi sosial dengan fungsi memberi edukasi kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Iqbal memberi usul untuk memperbanyak layanan bacaan berupa jurnal. Ia beralasan agar masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya.

“Cukup dengan memberikan password melaui Wifi mereka dapat mendapatkan jurnal dan bacaan. Ini bisa disubsidi dari APBD kota Makassar, jadi sifatnya seperti perpustakaan digital bukan lagi rak bukuĀ  melainkan ruang baca atau punlik space sebagai ruang baca,” ungkapnya.

Kadis Perpustakaan Kota Makasar, Muhiddin, menyebut layanan Kusuka merupakan kerja sama berbagai stakeholder untuk meningkatkan indeks persentase budaya minat baca. Menjadikan perpustakaan sebagai tempat dan sarana yang nyaman bagi masyarakat.

“Tujuan diluncurkannya program Kusuka untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan tentunya mengajak masyarakat luas membaca,” ucapnya.

Kelas Khusus Pustaka

Terdapat tiga titik lokasi layanan perpustakaan Kota Makassar di Anjungan Losari yang menyediakan lima booth layanan dari Dinas Perpustakaan. Layanan perpustakaan tersebut, antara lain, layanan Dongkel Perpusling Dongkel with Mobile Library, layanan Kartu Perpustakaan Bisa PeDe, layanan Sentuh Pustaka, layanan Kelas Khusus, serta layanan Pendaftaran Magang Mandiri (MaRi).

“Selain itu ada juga inovasi yang kami buat namanya Kelas Khusus Pustaka dan ada 10 kelas yang didalamnya mengadakan kelas public speaking, desain grafis, fotografer, dan ada juga kelas internet bahasa Inggris. Semuanya gratis bagi warga Makassar yang ingin belajar,” kata Muhiddin.

Pelepasan balon biru-putih menjadi penanda peluncuran “Kusuka”, di mana masing-masing balon berisi program layanan Dinas Perpustakaan.

Selain itu, Tampak Iqbal meluangkan waktu bercakap-cakap dengan Boni dan Kiko, boneka yang kerap kali mendongeng dari sekolah ke sekolah untuk menebarkan semangat literasi di Kota Makassar.

Komentar

Rekomendasi

Jelang Pilwali Makassar 2020, None-Fauzan Mencuat

Hanya Eselon Ini yang Bisa Parkir di Ruang Lingkup Balai Kota Makassar

Didampingi IAS, Deng Ical Silaturahmi Bersama Ribuan Tim Ucok Community

Dompet Dhuafa Sulsel Gelar Aksi Kampanye ‘Stop Diskriminasi Kusta’

NasDem Beri Sinyal Usung Danny Pomanto, Surya Paloh: Catatan Tidak Boleh Kalah

Appi Ingin Hapus Iuran Sampah Jika Jadi Walikota Makassar

Disebut Bakal Berpasangan Dengan Prof Yusran di Pilwali Makassar, Appi: Bulan Maret Kita Putuskan

Lantik Pengurus Gerakan Pemuda Mallengkeri Bersatu, Ini Harapan Camat Tamalate

Ratusan Alumni Kosmik Unhas Angkatan 94 Ikuti Reuni Perak di Pantai Akkarena

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar