Tingkatkan Pola Pikir Siswa di Pinrang, Mahasiswa UNM Gelar Lomba Cerdas Cermat

UNM
Tingkatkan Pola Pikir Siswa di Pinrang, Mahasiswa UNM Gelar Lomba Cerdas Cermat

Terkini.id, Pinrang – Setelah menyelesaikan babak penyisihan di setiap desa di Kecamatan Lanrisang, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Tahun 2019 menggelar Lomba Cerdas Cermat ”Super Smart” babak final.

Bertempat di Gedung PKK Kecamatan Lanrisang, lomba ini dilaksanakan pada Selasa, 6 Agustus 2019, dengan tema “Show Your Best Intelligence, Appitanngi Amaccangengmu” dalam artian tunjukkan kecerdasanmu.

Kegiatan yang menjadi salah satu program kerja utama mahasiswa KKN-PPM UNM ini dibimbing langsung oleh Fajar Arwadi, S.Pd., M.Sc. dan Sahlan Sidjara, S.Si., M.Si.

Kegiata ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pola pikir siswa serta memberi pengalaman kepada siswa untuk berkompetisi dengan sehat sejak dini.

Juara 1 dalam perlombaan yang mengasah otak ini adalah Salsa Muthmainnah perwakilan dari UPT SDN 178 Lanrisang. Menurutnya belajar dan berdo’a adalah kunci untuk jadi pemenang.

“Saya sangat senang bisa jadi juara di lomba ini, awalnya saya tidak terpikirkan, yang saya lakukan adalah terus belajar dan berdoa,” tutur siswa kelas V tersebut.

Dalam pembukaan babak final ini, H. Abdul Azis Mustari, S.Pdi selaku Kepala Camat Lanrisang mengatakan kepintaran akan kalah dengan pengalaman, maka dari itu jangan menyia-nyiakan kesempatan.

“Dengan keberadaan peserta KKN-PPM UNM dapat membantu siswa Kecamatan Lanrisang untuk bersaing dengan siswa-siswi yang berada di kota serta memberi pengalaman kepada siswa dalam berkompetisi. Seperti pepatah bahwa kepintaran akan kalah dengan kecerdasan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Fajar Arwadi, S.Pd., M.Sc selaku Dosen Pembimbing KKN-PPM UNM Tahun 201.

Ia mengharapkan, kegiatan ini dapat menjadi kegiatan inspirasi dan evaluasi untuk anak didik yang menyenangkan, dan untuk para pendidik serta yang terlibat ini dapat menjadi pengalaman, sehingga iklim akademik dapat terlaksana.

Koordinator Camat KKN-PPM UNM 2019 mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi siswa untuk menumbuhkan jiwa kompetitif siswa sejak dini.

“Saya berharap bahwa siswa siswi SD di Kecamatan Lanrisang mampu menumbuhkan jiwa kompetitif sejak dini. Maka dari itu kami mewadahi hal tersebut dengan mengadakan lomba ini dan juga agar kiranya siswa tidak lupa dengan tidak mengesampingkan nilai kejujuran dan saling menghormati,” ujarnya.

Citizen Reporter: Aulia Bohari

Komentar
Terkini
Kampus

Empat Prodi di Unhas Raih Akreditasi Internasional ASIIN

Terkini.id, Makassar - Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar acara syukuran yang dirangkaiakan dengan penyerahan Sertifikat ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften