Tips, 9 Cara Kurangi Makan Berlebih Supaya Tidak Gemuk

Tips atasi makan berlebihan
Tips atasi makan berlebihan

Terkini.id, – Makan berlebih atau terlalu banyak berisiko kegemukan atau obesitas, yang pada akhirnya berisiko meningkatkan potensi terkena penyakit.

Beberapa penyakit yang mengintai tubuh obesitas seperti diabetes, tekanan darah tinggi,  penyakit jantung dan stroke.

Memiliki nafsu makan besar menjadi faktor utama seseorang mengalami obesitas. Kebiasaan mengunyah makanan berlebih akan membuat seseorang tidak sensitif lagi terhadap rasa kenyang.

Jika kamu termasuk tipe orang yang sulit mengendalikan makan berlebih, beberapa tips praktis di bawah ini bisa dilakukan untuk mengurangi makan berlebih supaya tidak gemuk.

1. Tambahkan Porsi Protein Setiap Makan

Menarik untuk Anda:

Ubah pola makan dengan menurunkan karbohidrat dan menambahkan porsi protein lebih banyak 20-30 %. Cara ini akan membuat kamu kenyang lebih lama dibandingkan makan nasi lebih banyak. Terutama untuk sarapan pagi, ubahlah mencoba sarapan dengan telur, buatlah omelet telur dengan toping sesuai yang diinginkan.

Penelitian membuktikan sarapan dengan telur yang kaya protein selama 8 minggu hasilnya 65% lebih sukses menurunkan berat badan.

2. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi membantu tubuh memproduksi hormone yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan.

Makanan berserat tinggi seperti bayam rebus, tempe gembus, atau kacang-kacangan, membantu meningkatkan rasa kenyang hingga 31%.

3. Makan Makanan Berkalori Padat 

Makan makanan padat untuk membuat tubuh lebih cepat kenyang dibandingkan memilih makanan kalori cair seperti jus yang mudah diserap oleh tubuh.

4. Minum Kopi

Menambahkan asupan minum kopi dapat meningkatkan pelepasan hormone peptide YY yang dapat menurunkan nafsu makan.

5. Sebelum Makan Minum Lebih Dulu Segelas Air

Teguk segelas air sebelum makan, cara ini akan meningkatkan rasa kenyang bahkan sebelum makan.

6. Olahraga Lebih Dulu Sebelum Makan

Berolahraga sebelum makan akan efektif membantu menurunkan nafsu makan.Penelitian membuktikan bahwa dengan berolahraga sebelum makan bisa menurunkan hormon ghrelin, salah satu hormon yang membuat kita merasa lapar.

7. Minum Teh Herbal.

Teh herbal salah satu minuman yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan herbal di dalamnya membantu menekan rasa lapar.

8. Makan dengan Piring Kecil

Cara ini memanipulasi otak untuk mengatakan pada diri bahwa sudah makan penuh karena ukuran piringnya akan memuat makanan seadanya dan kelihatan penuh. Sebaiknya juga menggunakan garpu dengan ukuran besar akan membuat efek cepat merasa kenyang.

9. Makan Secara Perlahan

Makan secara perlahan akan membuatmu cepat merasa kenyang dibandingkan makan secara cepat atau seperti diburu. Kunyahlah makananmu sampai lumat baru ditelan, cara ini akan membuat tubuh melepaskan hormon yang membuat perutmu cepat kenyang.

Cobalah terapkan cara-cara di atas untuk menekan cara makan berlebihan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bikin Virtual Meet Up Jadi Makin Seru #KenapaNggak

Tips Mengatasi Anak Remaja Suka Melawan Orang Tua

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar