Tokoh Toraja bersatu dukung Prof Andalan

Terkini.id — Tokoh masyarakat Toraja Ishak Batticaca, mengaku sangat mengagumi Calon Gubernur Sulsel nomor urut 3 Prof Nurdin Abdullah.

“Warga Toraja sudah lama sangat merindukan kedatangan Calon Gubernur Sulsel Sulsel Nomor Urut 3 Prof Nurdin Abdullah,” jelas Ishak Batticaca.

Menurut Ishak Batticaca, kehadiran Prof Nurdin Abdullah di Toraja ini, mengobati kerinduan warga yang telah lama diidamkan.

Penduduk Tana Toraja yang bergabung dalam organisasi Forum Lansia Pemerhati Pembangunan Tana Toraja, melalui Ishak Batticaca, mengusulkan agar kualitas pendidikan karena pengbangan SDM penting artinya untuk masa depan daerah dan bangsa.

“Duhulu pendidikan di Tana Toraja selalu nomor satu atau nomor dua. Sekarang jadi nomor empat dari terakhir,” katanya.

Bupati Bantaeng dua periode dengan segudang prestasi Prof Nurdin Abdullah mengatakan, Toraja menjadi prioritas pembangunan jika ditakdirkan menjadi Gubernur Sulsel 2018-2023.

Kalau Toraja dibangun dengan baik, jelas Prof Nurdin Abdullah akan banyak kunjungan wisatawan lokal dan manca negara. “Itu akan menghasilkan banyak devisa dan banyak membuka lapangan kerja,” katanya.

Prof Nurdin Abdullah menjelaskan, untuk mengembalikan marwah pendidikan di Toraja harus dimulai dari dalam kandungan.

“Ketika hamil harus ada jaminan gizi. Setelah lahir, disiapkan pedidikan usia dini agar tercipta generasi yang beretika dan mermoral,” katanya.

Ketua Aliansi Masyarakat Adat Toraja, TR John Roma Andi Lolo menceritakan, bahwa hubungan Toraja dengan Bantaeng sudah berlangsung sejak tahun 1913.

Kala itu menurut Andi Lolo, ada tokoh terdidik dan pemuka masyarakat dari Bantaeng yang bernama Kelling, datang mengembangkan Toraja 16 Maret 1913.

Catatan sejarah itu, jelas mantan anggota DPRD Toraja, TR John Roma Andi Lolo pada pertemuan dengan tokoh masyarakat lanjut usia (lansia) dan tokoh adat dan budaya di Rumah Lansia, Makale Tana Toraja, Jumat 1 Juni 2018.

Hadir pada pertemuan ini puluhan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh budaya termasuk juga tokoh politik Ketua PDIP Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan.

Berdasarkan catatan sejarah itulah, menurut Andi Lolo, orang Toraja harus memilih tokoh dari Bantaeng.

“Kini datang lagi anak Bangsa dari Bantaeng Prof HM Nurdin Abdullah. Sangatlah beralasan orang Toraja bersatu memilih Prof Nurdin Abdullah,” jelas Andi Lolo.

Berita Terkait
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
[tdcn-comments title="Komentar" post_id="92063" get="20" border="true" auto_load="true" order="ASC"]
Terkini