Toraja International Festival Resmi Dibuka, Ini Harapan Bupati Kalatiku

Bupati Toraja Utara Membuka Secara Resmi Toraja International Festival 2018 di Museum Ne'gandeng, Raja Utara.

Terkini.id,Toraja – Ajang Toraja International Festival (TIF) resmi dibuka di halaman Museum Ne’gandeng, Toraja Utara Sulawesi Selatan pada Jumat 6 Juli 2018.

Pada pembukaan sejumlah pendukung acara turut meramaikan gelaran tersebut seperti Capoeira dan modeling workshop, pameran kuliner dan craft, lalu ada bintang Toraja.

Selain itu juga ada fashion show dari desainer muda kelahiran Toraja, Putri Ramadhani, lalu fashion show perancang busana tanah air yakni Novita Yunus, Toraja Opera (Sendratari Dodeng), Dj Chantal Dewi serta ada lomba Dero.

Bupati Toraja Utara Membuka Secara Resmi Toraja International Festival 2018 di Museum Ne'gandeng, Raja Utara.
Bupati Toraja Utara Membuka Secara Resmi Toraja International Festival 2018 di Museum Ne’gandeng, Raja Utara.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku mengatakan Toraja International Festival 2018 merupakan even kelas international yang dapat menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia.

Menurut Kalatiku Toraja adalah salah satu wilayah budaya terindah di Indonesia yang memiliki pemandangan alam, tradisi ritual dan arsitektur sangat khas serta memukau sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Menarik untuk Anda:

“Kita berharap dengan terselenggaranya TIF ini semakin memperkenalkan Toraja ke dunia International dalam rangka para peserta dan pelancong bisa melihat langsung keindahan Toraja,”ujar Kalatiku dalam sambutannya.

Kolaborasi Bintang Toraja dan bintang tamu

Selain itu, orang nomor satu di Toraja Utara ini juga mengaku Pemda Torut turut berperan aktif dalam mendukung pariwisata nasional yang menargetkan 20 ribu wisatawan.

“Kami harap semoga Toraja bisa mendukung 10 persen dari target kunjungan pemerintah pusat yakni 20 ribu pengunjung,”tegas Kalatiku dalam sambutannya.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam TIF beserta para kedutaan serta peserta yang hadir dalam even ini.

“Kita akan teris mengevaluasi pelaksanaan TIF setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaannya pada tahun selanjutnya,”imbuhnya

Turut hadir dalam acara pembukaan TIF 2018, Sekretaris Daerah Toraja Utara, Rede Roni Bare, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Propinsi Sulsel Syafar Syah, Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto P Sirait, Dandim 1414 / Tator  Czi Hiras M.S Turnip, M.Si (Han), Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara, Harli Patriatno, Kepala Dinas Kominfo Toraja Utara, Fitrah, dan sejumlah kepala dinas

Diketahui jika Toraja Internasional Festival ini tidak hanya mengangkat kesenian dan budaya Toraja saja, melainkan juga kolaborasi kesenian dari negara luar.

Sejumlah bintang tamu dan peserta event tersebut seperti Liquid Silva (Canada), DJ Chantal Dewi (Netherland), Norma Jean (USA), Iwanouz (Indonesia), DJ Tezzy (Indonesia), Pa’gellu Toraja (Indonesia), Tabla & Sitar Duo (India), Kathak Dance (India), Samulnori (Korea), Novita Yunus (IFF Fashion Designer).

Kolaborasi Bintang

Sementara Direktur dan Konseptor Toraja International Festival, Franki Raden menyebutkan Toraja International tahun ini menghadirkan lima. Kelima negara ini akan berkolaborasi dalam operasi dalam satu panggung.

Franki juga menyebutkan sejumlah bintang tamu dan peserta event tersebut. beberapa diantaranya adalah Liquid Silva (Canada), DJ Chantal Dewi (Netherland), Norma Jean (USA), Iwanouz (Indonesia), DJ Tezzy (Indonesia), Pa’gellu Toraja (Indonesia), Tabla & Sitar Duo (India), Kathak Dance (India), Samulnori (Korea), Novita Yunus (IFF Fashion Designer).

“Mereka ini akan menampilkan kreasi masing-masing dalam satu panggung melalui opera”, ujar Franki.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Terima B1-KWK Golkar, Ombas-Dedy Siap Bertarung di Pilkada Toraja Utara

Dekatkan Diri ke Konsumen, Astra Motor Sulselbartra dan Ambon Luncurkan Web Series “Tetanggaku Idolaku”

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar