Tradisi Mudik di 6 Negara Ini Mengejutkan, Saingi Indonesia

Terkini.id – Mudik atau pulang kampung bukan cuma tradisi yang kental di masyarakat Indonesia. Di berbagai negara lain, mudik juga dilakukan masyarakat dunia.

Seperti halnya Indonesia, di beberapa negara lain, jutaan orang juga setiap tahunnya berbondong-bondong kembali ke kampung halaman mereka.

Di negara lain tersebut, masyarakatnya juga memanfaatkan berbagai jenis moda transportasi mulai dari sepeda motor, mobil, bus, kereta api serta pesawat terbang.

Selain Indonesia, beberapa negara ini tidak kalah ramai setiap kali menggelar mudik. Baik khususnya soal ramai dan kemacetan.

1. Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini juga menerapkan tradisi mudik jelang Lebaran. Dilansir dari liputan6, di negeri jiran ini, tradisi mudik dikenal dengan nama ‘balik kampong’. Masyarakat Malaysia melaksanakan ‘balik kampong’ tak cuma pada saat Lebaran, tetapi biasanya juga saat tahun baru Imlek.

2. Bangladesh

Seperti halnya dengan Indonesia, tradisi mudik jelang hari raya Idulfitri juga dimiliki. Itu karena Bangladesh mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam.

Di negeri ini, Orang-orang berbondong-bondong ‘menyerbu’ terminal bus, memadati stasiun kereta api hingga memilih mudik dengan perahu sungai.

3. India

Masyarakat India juga sering melakukan melakukan mudik saat menjelang Lebaran. Mereka mudik bukan cuma saat merayakan Idul Fitri. Angkutan-angkutan massal khususnya kereta api, juga padat saat perayaan dil wale.

4. Pakistan

Pada saat menjelang lebaran, jutaan orang Pakistan juga pulang ke kampung halaman. Sama seperti di Indonesia, masyarakat Pakistan mudik karena ingin berkumpul dan menggelar lebaran bersama keluarganya.

Dalam sepekan jelang Idulfitri, para polisi dan kamera-kamera pengintai dipasang di berbagai lokasi ramai pemudik seperti di terminal bus, stasiun kereta api, dan bandara. Hal ini dilakukan demi menjamin kelancaran dan keamanan masyarakat yang mudik.

5. Mesir

Berbeda dengan Indonesia, masyarakat Mesir tidak merayakan Idulfitri secara besar-besaran. Mereka menganggap Idul Fitri hanya sebagai Id el-Shogayar yang berarti ‘Hari Raya Kecil’. Perayaan secara besar-besaran justru pada hari raya Idul Adha atau Id Kabir yang berarti ‘Hari Raya Besar’.

6. China

Jika di Indonesia masyarakat mudik saat Idulfitri, berbeda dengan di China. Di negeri ini, kepadatan saat mudik terjadi saat perayaan imlek atau tahun baru China. Para warga Tionghoa pasti akan merayakan tahun baru tersebut dengan suka cita.

Mereka juga punya tradisi pulang mudik ke kampung halaman masing-masing saat tahun baru Imlek ini datang.

Ironis, karena suasana mudik saat imlek di negeri ini benar-benar mengerikan karena kepadatan penduduk yang lebih besar dari Indonesia.

Berita Terkait