Triwulan Ketiga, Tujuh OPD Parepare Belum Capai Target

H. Nasarong

Terkini.id, Parepare – Pemerintah Kota Parepare terus melakukan pemantauan terhadap sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum melakukan maksimalisasi dalam realisasi pemungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tercatat pada triwulan ke tiga Tahun 2018 ini, ditemukan sejumlah OPD yang belum melakukan realisasi sesuai target PAD, sesuai dengan tahapan penyetoran PAD bagi para OPD lingkup Kota Parepare, sejumlah OPD tersebut yakni Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, RSUD Andi Makkasau, Dinas Perikanan Kelautan dan Pertanian, Dinas Kominfo, Dinas Damkar dan Penyelamatan, dan Dinas Perdagangan.

Dia menjelaskan kalau capaian target sejumlah OPD tersebut, diantaranya untuk Dinas Kesehatan hanya 31,52 persen dari target Rp13,5 miliar, Dinas Perhubungan 70,75 persen dari target Rp857 juta. Sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, baru mencapai 77,95 persen dari target Rp90 miliar, Dinas PKP mencapai 77,18 persen dari target Rp241 juta.

Dinas Kominfo baru mencapai 29 persen dari target Rp132 juta, Dinas Damkar dan Keselamatan Rp60,62 persen dari target Rp10 juta, Dinas Perdagangan 33,19 persen dari target Rp2,4 miliar. Realisasi tersebut tercatat sejak 20 Agustus sudah mencapai 63 persen secara keseluruhan.

Sementara itu, lima OPD yang telah sukses mencapai target dari jumlah target pertriwulan, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayan sudah mencapai 112,05 persen dari Rp32 juta, BKD sudah mencapai 122,53 persen dari Rp35 miliar. Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) sudah mencapai 101,81 persen dari target Rp1,1 miliar.

Selanjutnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sudah mencapai 146,49 persen dari target Rp1,3 miliar, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata mencapai 144,22 persen dari target Rp50 miliar.

Kepala Badan Keuangan Daerah, H Nasarong, mengaku, kalau catatan yang dimilikinya tercatat baru ada lima OPD yang telah memenuhi standar taget capaian PAD di atas 84,41 persen.

“Baru lima OPD yang melampaui target yang ada, sementara yang lainnya ini masih terus berproses, dan kita berharap target tersebut segera terpenuhi,”ujarnya.

Nasarong, menuturkan, kalau pihaknya memang kerap melakukan evaluasi triwulan, ini dimaksudkan untuk mengetahui sampai dimana persentase keberhasilan OPD, dalam mengelola PAD sehingga proses tahapan tersebut menjadi evaluasi setiap triwulan.

“Jadi kita evaluasi per triwulan agar mudah untuk di kontrol, dan tentunya mencari solusi dari setiap persoalan yang dihadapi OPD, ini dimaksudkan agar seluruh OPD di Parepare mampu capai target,”jelasnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Begini Cara DLH Parepare Sikapi Aduan Warga

TP Bersama Forkopimda Parepare Pantau Pengalihan Arus di Perbatasan

THR dan Gaji 13 Tengah Dikaji di Tengah Pandemi Corona, Berikut Tanggapan Taufan Pawe

RSUD Andi Makkasau Parepare Ditunjuk Laksanakan TCM Covid-19, Hanya Tiga di Sulsel

Pemkot Parepare Bakal Lakukan Penambahan Box Disinfektan di Pasar Lakessi

Wali Kota Taufan Anggap Pasar Butuh Perhatian Lebih Cegah Corona

Walikota Taufan Pawe dan Forkompinda Berbagi Masker di Pasar

Dinkes Parepare Bagi Vitamin Petugas ke di Perbatasan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar