Tuduhan Money Politics Tidak Terbukti, Jamil Divonis Bebas

Terkini.id, Parepare – Kasus dugaan tindakan pelanggaran Pilkada money politics atau politik uang tidak jadi menimpa terdakwa Jamil Hasyim.
Dia dinyatakan bebas setelah Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Parepare, memutuskan Jamil Hasyim, dinyatakan tidak terbukti dalam kasus tersebut.

Sidang putusan pengadilan negeri (PN), melakukan sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim, Andi Nurmawati, serta dua anggota Hakim Majelis, Vidya Andini Tuppu dan Nofan Hidayat, kamis 7 Juni 2018.

Putusan bebas terhadap terdakwa Jamil Hasyim, dibenarkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) kejaksaan Negeri Kota Parepare, Muhammad Idil, membenarkan vonis bebas terhadap terdakwah Jamil Hasyim dalam kasus tersebut.

“Iya betul Hakim Majelis Pengadilan Negeri Kota Parepare, telah mengeluarkan putusannya, dan saudara Terdakwah Jamil Hasyim, telah dinyatakan bebas dari tuduhan yang disangkakan,” katanya.

Idil, menuturkan, putusan tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Majelis Hakim, yang juga ketua Pengadilan Negeri Kota Parepare, Andi Nurmawaty, didepan para peserta sidang.

Baca juga:

“Tadi sekitar pukul 17.55 Hakim majelis memutuskan, sidang tersebut berlangsung kurang lebih satu jam,”terangnya.

Sekadar di ketahui, Kasus serupa juga telah di proses melalui sidang Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Selatan, dan Majelis sidang bawaslu, juga menetapkan kasus tersebut tidak terbukti, dan dilakukan perhentian.

Namun proses kasus tersebut yang sebelumnya disidik Panwaslu Parepare dan kemudian dilimpahkan ke Kepolisian Resort Kota Parepare, selanjutnya pelimpahan di Kejaksaan, dan akhirnya masuk dalam tahap sidang, hingga akhirnya Pengadilan Negeri Parepare berpendapat berbeda dengan melihat Fakta persidangan yang ada.

Bahkan ironinya dalam proses sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Kota Parepare, Terdakwah Jamis Hasyim, justru mengalami penahanan di Lapas Parepare sebagai tahanan titipan, dan bahkan JPU menuntut terdakwah dengan hukuman penjara 3 tahun lebih.

Komentar

Rekomendasi

Kukuhkan Kepala Inspektorat, ini Pesan Wali Kota Taufan Pawe

Total 25 Pasien Corona Parepare Sembuh, Wali Kota Apresiasi Tenaga Medis

Penampakan Buaya yang Meresahkan Warga di Parepare, Ditangkap TNI bersama Warga

Maknai Hari Lahir Pancasila, Taufan Pawe: Gotong Royong Putus Mata Rantai Covid-19

Begini Cara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare Maknai Hari Pancasila

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar