Twitter Akui Belum Temukan Cara Berantas Hoax

Terkini.id – Saat ini, peredaran berita palsu (hoax) semakin marak terjadi. Di Twitter khususnya peristiwa tersebut menjadi pekerjaan penting bagi mereka agar terus mendapatkan kepercayaan setiap penggunanya.

Jack Dorsey, Pendiri sekaligus CEO dari Twitter mengakui hingga sampai saat ini belum menemukan solusi yang terbaik untuk menangani masalah hoax. Ia menilai pihaknya telah banyak melakukan pembenahan dengan waktu yang cukup lama. Ia pun tidak memikirkan lebih perkembangan Twitter sangat pesat dan meluas, sehingga menimbulkan dampak-dampak yang beragam.

“Kami belum bisa secara tuntas memecahkan masalah ini. Namun kami sangat memperhatikan isu ini dan berupaya mempertanyakan berbagai kemungkinan jalan keluar,”jelas Jack Dorsey.

“Ketika kami mulai mendirikan Twitter 12 tahun lalu, kami tak terlalu memikirkan bagaimana dampak sebuah kicauan bisa sangat besar seperti hari ini,” lanjutnya, dalam sebuah wawancara dengan CNN, seperti kutip dari KompasTekno, Senin, 20 Agustus 2018.

Hal lain juga diakui Jack Dorsey, masih terus mempelajari bagaimana cara mengatasi hoax.
Selain hoax yang banyak tersebar, masalah lain yang terjadi di Twitter juga menyentuh sektor lainnya seperti ujaran kebencian, Rasisme, sampai dengan provokasi politik.
Karena pihaknya belum memiliki sumber daya yang mampu secara aktif melakukan tugas tersebut.

Menarik untuk Anda:

Selain itu Dorsey melanjutkan,
Jika Twitter tidak secara langsung akan menghapus akun ketika dinilai menyebarkan kebencian. Sebabnya, sebuah unggahan yang tak santun belum tentu menjelaskan karakter sebuah akun seluruhnya.

“Sulit untuk menghimpun kepercayaan pengguna jika Twitter serta-merta memblokir akun berdasarkan kondisi perasaan dan kicauan mereka dari momen ke momen,” tambah Dorsey

Dari berbagai pengakuannya, Jack Dorsey menginginkan platform-nya itu tetap menjadi tempat untuk saling memberikan inspirasi, bukannya saling membenci dan meremehkan. Dia mengatakan pihaknya terus aktif bekerja untuk memberikan pengalaman baik dan benar bagi seluruh pengguna.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Teknologi Aplikasi Online Ini Bantu Cegah Kerumunan, Driver Ojol Bisa Hindari Risiko Penularan

Dua Startup Ini Wakili Makassar Digital Valley di Kompetisi National Pitch Up

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar