Umumkan Hasil PPDB, MAN Jeneponto Minta Maaf ke Pendaftar yang Tak Lulus

MAN Jeneponto
atusan pendaftar PPDB MAN Jeneponto berlomba-lomba melihat pengumuman

Terkini.id, Jeneponto – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jeneponto mengumumkan hasil seleksi Pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sabtu, 29 Juni 2019.

Panitia Pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Jenponto mengumumkan hasil seleksi PPDB tepat puku 13.30 WITA. Dimana dalam pengumuman yang ditempel itu, sebanyak 189 calon peserta didik baru dinyatakan lulus.

Panitia Pelaksana PPDB MAN Jeneponto, Asis SPd menjelaskan jumlah peserta didik baru yang diterima di MAN Jeneponto tahun 2019 melalui dua jalur, yakni jalur afirmasi dan reguler.

“Jadi tahun ini kami kembali melakukan penerimaan peserta didik baru dengan tetap menggunakan jalur seleksi online, jadi mulai dari pendaftaran sampai ujian tes masuknya itu online, tahun ini ada sebanyak 476 orang pendaftar,” tuturnya.

Menurutnya, seleksi PPDB di MAN tidak sepenuhnya menggunakan jalur online melainkan tetap ada tes Baca Tulis Quran (BTQ).

“Kita memang tidak full menggunakan seleksi online sebab ada beberapa ujian yang tidak dapat dilakukan oleh sistem komputer yaitu seleksi Baca Tulis Quran (BTQ) sehingga untuk proses ini kami panitia mengamanahkan kepada guru yang berkompeten untuk terlibat dalam hal BTQ,” ujarnya.

“Jadi nilai tes BTQ diakumulasikan dengan hasil nilai seleksi online, jadi yang diumumkan 189 orang yang dinyatakan lulus, itu peringkat 1 sampai 189 dari hasil akumulasi tes BTQ dan online, ini untuk jalur reguler,” sambungnya.

Lebih lanjut, Asis menyampaikan permohonan maaf kepada 287 pendaftar yang tidak lulus menjadi siswa baru di MAN Jeneponto.

“Kami menyadari  bahwa tentu dengan jumlah pendaftar yang membeludak sementara kuota yang terbatas membuat banyak pendaftar yang tidak terakomodir. Olehnya itu kami meminta maaf sebab tidak dapat menampung semua yang mengikuti tes kemarin,” kata Wakil kepala Madrasah bidang Kesiswaan ini.

Tanggapan orangtua peserta didik

Sementara itu, Sudirman (43) selaku salah satu orangtua dari peserta didik yang anaknya dinyatakan lulus merasa bahagia melihat pengumuman.

“Terus terang sebagai orangtua tentu sangat senang dan bahagia karena anak saya mampu bersaing dengan ratusan anak lainnya untuk bersekolah di MAN Jeneponto, mamanya di rumah juga langsung sujud syukur mendengar informasi ini,” ungkapnya.

Menurutnya, Madrasah Aliyah Negeri adalah salah satu pilihan sekolah yang paling baik pada zaman seperti ini sehingga dia menyekolahkan anaknya di MAN.

“Kami memilih MAN, karena kami meyakini bahwa sekolah berbasis agama seperti ini adalah pilihan yang paling tepat, saya takut anak saya terjebak dengan pergaulan bebas makanya saya sekolahkan pada sekolah berbasis agama, mudah-mudahan apa harapan kami sebagai orangtua dapat diwujudkan,” tutur Sudirman.

MAN Jeneponto dijadwalkan akan melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 1-3 Juli 2019.

Berita Terkait
Komentar
Terkini