Unik! koper jamaah haji Mandar beraksesoris lucu

Calon jamaah haji Polman Sulawesi Barat beri tanda aksesoris unik dan lucu di kopernya./ Ist

Terkini.id, Polman – Calon jamaah haji asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat punya cara tersendiri agar barang bawaannya tidak gampang hilang atau tertukar dengan jamaah lain saat berangkat menunaikan ibadah haji.

Yaitu dengan cara memberikan tanda aksesoris unik dan lucu pada kopernya. Apalagi koper milik calon jamaah haji yang berasal dari Indonesia semuanya memiliki warna yang sama, yakni merah.

Seperti yang dilakukan para jamaah calon haji di Aula Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Kabupaten Polewali Mandar. Disini para jamaah berkumpul sengaja memberi tanda aksesoris unik dan lucu yang dipasang di kopernya.

“Ini untuk kemudahan saja, tidak ada maksud lain. Apalagi calon jamaah haji lanjut usia yang terkadang lupa pada barang bawaannya,” kata salah seorang keluarga calon jamaah haji Haruna (45 tahun) yang mengaku memberikan tanda di koper orang tuanya.

Dikatakan Haruna, hal tersebut dapat memudahkan jamaah mengenali barang bawaan mereka dari jauh. Pemberian tanda dikoper seperti ini kata Dia, sudah lazim dilakukan oleh calon jamaah haji asal Polewali Mandar.

“Mulai dari koper yang digantungi sendal jepit, gelas plastik, kvin berwarna hingga boneka pokemon pun ikut menghiasi koper jamaah,” katanya.

Kepala Seksi Penyelenggara ibadah haji Kemenag Polman Muh Athar mengaku, tak ada masalah dengan koper yang memiliki tanda unik dan lucu itu.

Bahkan, kata Athar, petugas tetap menerima koper milik calon jamaah haji dengan tanda unik tersebut. Proses pemeriksaan akan dilakukan kembali saat calon jamaah haji berada di asrama dan diberangkatkan ke tanah suci.

“Hingga saat ini secara teknis belum ada kendala dalam pemberangkatan haji. Tidak ada kendala mengenai koper-koper mereka dan pemberangkatan haji,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini