Unik, Tiap Rumah di Kampung Ini Dicat Warna-Warni

Kampung parikan
Rumah di Kampung Parikan Surabaya dicat warna-warni

Terkini.id, Surabaya – Surabaya terkenal dengan kampung-kampungnya yang asri dan nyaman untuk ditinggali, tidak terkecuali dengan Kampung Parikan, Kampung Bosem Kota Surabaya.

Kampung yang berada di dekat Bosem ini memiliki keunikan yang tidak ditemukan di Kampung Surabaya manapun.

Karena di sini kita bisa melihat setiap rumah dicat warna-warni dan pada dinding rumah tersebut juga diberikan kalimat parikan yang tentunya membuat siapa saja yang membacanya tersenyum.

Selain keunikan tersebut, di Kampung Parikan yang juga berdampingan dengan danau buatan atau biasa disebut dengan bosem tersebut juga terdapat tol yang pastinya membuat mata semakin dimanjakan dengan pemandangan yang ada di sana.

Salah satu parikan yang cukup membuat gelak tawa yakni “Tuku Jamu Nyowo Rondo Ayu, Senajan Lemu Tetep Nang Atiku”.

Gambar mural tokoh ludruk legendaris Surabaya

Selain parikan yang berbau candaan, terdapat pula parikan yang juga bisa menyatukan ras yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu “Tuku Celono Nang Cak Bowo, Tukue Nang Persia. Seng Rukun Cino Karo Jowo, Kerono KIto Indonesia”.

Selain parikan ada juga mural yang bergambarkan tokoh ludruk legendaris yaitu Cak Bambang Gentolet, Cak Markeso dan Cak Momon.

Tiga tokoh sentra ludruk Suroboyo itu kini diabadikan menjadi ikon Kampung Parikan.

Parikan yang menjadi ciri khas Suroboyo akan mendapat tempat khusus dalam pembinaan budaya. Puluhan Parikan itu kini menghias setiap sudut Kampung Bosem.

Direkomendasikan
Komentar
Terkini