UNM jadi Universitas terbaik di Makassar

Universitas Negeri Makassar sudah berakreditasi A sejak Mei 2017 dimana sebelumnya masih berakreditasi B.

TERKINI.id, Makassar – Universitas Negeri Makassar menjadi Universitas terbaik di wilayah 09 (Sulawesi Selatan). Berdasarkan Surat Keputusan No.1465/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara resmi menetapkan pemeringkatan akreditasi instusi Universitas Negeri Makassar (UNM) yang awalnya terakreditasi B menjadi A, pada Senin 12 Juni 2017  sekitar pukul 22.00 WITA.

Dengan demikian, dari 33 perguruan tinggi yang ada di Sulwesi Selatan, sudah ada dua perguruan tingggi yang berakreditasi A, yakni Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar  dan UNM. Uiversitas Hasanuddin sudah berakreditasi A sejak tahun 2013 lalu berdasarkan Surat Keputusan No.079/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013 dan berlaku sampai dengan 21 Februari 2018. Dengan Akreditasi A yang dimiliki oleh UNM ini menunjukkan bahwa statusnya sudah sejajar dengan UNHAS.

Masa berlaku Akreditasi Perguruan Tinggi berlaku dalam lima tahun dan diusulkan lagi sebelum masa berlakunya berakhir. Masa berlaku Akreditasi A Universitas Negeri Makassar sampai dengan tanggal 23 Mei 2022.

Akreditasi sangat penting bagi sebuah institusi pendidikan baik itu negeri maupun swasta. Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi juga menjadi media informasi bagi para calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja, dan organisasi penyandang dana mengenai kualitas PT serta lulusannya. Dan manfaat bagi PT yang bersangkutan, mereka akan mendapatkan informasi untuk lebih meningkatkan kualitas dan perencanaan akademiknya. Mereka juga akan lebih mudah menjaring kemitraan dengan institusi lain dari dalam maupun luar negeri

Baca :2018, UNSA Makassar target buka program Pascasarjana Sosiologi

Akreditasi sangat diperlukan untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dimana setiap perguruan tinggi harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusan nya dan dapat menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut, dan sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang sudah siapnya suatu perguruan tinggi tersebut dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah (kemendiknas) dalam tahap proses globalisasi pendidikan untuk daya saing secara global dimasa datang.

PenulisSalmawati
EditorSalmawati